Jumat, 23 Januari 2015

Wamenlu RI Menerima Kunjungan Sekretaris Community of Democracies

JAKARTA, - Sekretaris Jenderal Community of Democracies (CoD), Duta Besar Maria Lessner telah melakukan courtesy call kepada Wakil Menteri Luar Negeri RI pada tanggal 22 Januari 2015.

Dok. FasMed Kemlu RI
Sebagaimana informasi yang diterima melalui email dari Fasilitas Media Kemlu RI menjelaskan pada kesempatan tersebut, Sekjen CoD menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas kemajuan yang telah dicapai dalam bidang demokrasi.

Selain itu, Sekjen CoD juga memaparkan perkembangan terkini mengenai peran CoD dalam pemajuan demokrasi pada tingkat global dan mengundang Indonesia untuk bekerjasama dalam memajukan demokrasi, khususnya di kawasan ASEAN.

“Sesuai dengan amanat konstitusi, Indonesia selalu menjunjung tinggi demokrasi. Untuk itu, sejalan dengan yang dilakukan oleh CoD, Pemerintah Indonesia juga telah banyak bekerjasama dengan berbagai negara khususnya di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam proses demokratisasi”, kata Wamenlu menjelaskan.    

Maria Lessner, juga menyampaikan pengamatannya bahwa secara umum telah terjadi penurunan kualitas demokrasi di dunia. Dalam kaitan ini, CoD mengajak berbagai negara yang memiliki potensi dan pengaruh besar untuk bekerjasama dalam memelihara tumbuh kembangnya demokrasi.

Sebagai informasi, Community of Democracies adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 2000 di Warsawa, Polandia, atas inisiatif Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan Menteri Luar Negeri Polandia. 

CoD memiliki visi misi mendukung kemajuan demokrasi dan penguatan institusi serta norma demokrasi di dunia.

CoD juga secara rutin hadir dalam berbagai penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF), yang merupakan forum tahunan inisiatif Indonesia yang membahas mengenai perkembangan demokrasi, khususnya di kawasan Asia Pasifik secara inklusif dan terbuka.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz