Senin, 26 Januari 2015

Dubes Jepang Audiensi dengan Menlu RI

Dok. Japan Embassy-Jakarta
JAKARTA, - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Jepang untuk Indonesia  Tanizaki Yasuaki melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Lestari Priansari Marsudi.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 30 menit dimulai pada pukul 14.30 ini, Dubes Tanizaki mengucapkan terima kasih atas sikap Indonesia yang mengecam tindakan penyandera warganya serta belasungkawa terhadap musibah pesawat Air Asia QZ 8501.

Dalam kesempatan ini juga Dubes Tanizaki juga mengatakan bahwa dirinya berkeinginan untuk makin mengaktifkan kunjungan pejabat tinggi antara Jepang dan Indonesia karena hubungan kedua negara terjalin sangat erat bukan hanya di bidang ekonomi, bahkan merupakan mitra strategis yang penting bagi satu sama lain.

Kemudian juga Duta Besar Tanizaki menerangkan rencana kunjungan asosiasi usaha utama Jepang ke Indonesia.

Selain itu, Duta Besar Tanizaki memohon kepada Menlu Retno mengenai pembebasan VISA Indonesia terhadap warga Jepang. Menanggapi permohonan tersebut,

Dalam pertemuan ini Menteri Luar Negeri Ibu Retno menyatakan harapan agar penyanderaan tersebut akan segera diatasi serta rasa terima kasih atas bantuan Jepang pada operasi pencarian QZ8501 tersebut.

Selain itu juga  Menlu Retno dinyatakan harapannya terhadap kerjasama Jepang pada Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika yang akan diselenggarakan pada April mendatang.

Soal permohonan visa, Menlu Retno menjawab bahwa pihaknya akan berupaya agar tindakan tersebut akan terealisasi.

Dalam pertemuan ini juga membahas mengenai konsultasi kemaritiman yang disepakati dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Jepang-Indonesia pada November yang lalu.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz