Kamis, 29 Januari 2015

Level Menengah, Kemampuan Bahasa Inggris Orang Indonesia

JAKARTA, - Indonesia menempati peringkat ke-28 dari 63 negara di dunia dalam hal kemampuan berbahasa Inggris.

Hal ini berdasarkan hasil English Proficiency Index (EPI) yang dilakukan lembaga bahasa Education First (EF) berdasarkan kemampuan bahasa Inggris orang dewasa.

Ilustrasi - Istimewa
Indonesia berada dalam kemampuan menengah dengan raihan skor 52,74 sementara untuk kemampuan sangat tinggi didominasi negara-negara Eropa seperti Denmark, Swedia dan Belanda dengan skor 69,30.

Untuk regional sendiri terutama di Asia, kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia berasa di urutan keenam dari 14 negara.

Menurut Kepala Education First (EF) English Proficiency Index (EPI), Christopher McCormick dalam acara English Proficiency Index di Jakarta mengatakan bahwa untuk Indonesia bahasa Inggris lebih didominasi oleh perempuan dan anak muda usia 25 tahun ke atas.

“Indonesia, untuk bahasa Inggris lebih didominasi oleh perempuan dan anak muda 25 tahun ke atas,”ucapnya.

Terkait posisi Indonesia dalam berbahasa Inggris, menurut Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Mansun mengatakan walaupun bahasa Inggris menjadi bahasa internasional tetapi bahasa nasional tidak boleh dilupakan.

“Semoga kita tetap menggunakan bahasa nasional kita sebagai pemersatu dengan menerapkan pola pembelajaran yang tetap, efektif dan efisien agar kemampuan kita tetap ada untuk mempertahankan bahasa nasional,”ucapnya.

Soal bahasa ini, Mansun melihat apa yang terjadi di Singapura dan Malaysia yang telah kehilangan identitas akibat bahasa ini.

Dirinya yakin seseorang tetap mampu bersaing bila memiliki identitas dan kemampuan, salah satunya kemampuan bahasa.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz