Minggu, 25 Januari 2015

Spanyol Tangkap Terduga Ekstremis

Istimewa
MADRID, - Aparat keamanan Spanyol menangkap empat tersangka kelompok ekstremis yang diduga sedang menyiapkan serangan di negeri tersebut dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan kementerian dalam negeri dalam sebuah pernyataannya dimana dua pasang kakak beradik warganya keturunan Maroko di wilayah teritori Spanyol yaitu Ceuta yang berbatasan dengan Maroko.

Menurut keterangan pemerintah kelompok ini dinilai memiliki profil yang sama dengan kelompok di Paris namun tidak mengaitkan secara langsung.

“Mereka membentuk bagian sel jihad dengan persiapan yang matang dan berencana meluncurkan sebuah serangan di Spanyol. Mereka telah teradikalisasi dalam level tinggi dan bahkan menyiapkan diri untuk mati dalam melakukan aksi teroris, ”demikian penjelasan pemerintah.

Dalam penangkapan ini Polisi berhasil menyita senjata otomatis dan parang di antara banyaknya senjata tajam lainnya di dalam rumah.

Informasi yang beredar, kelompok ini merupakan kelompok terbaru yang ditangkap dalam serangkaian penyerbuan di Ceuta dan teritori Spanyol lain di utara Afrika.

Pihak kepolisian Spanyol telah menangkap sekitar 50 orang terduga ekstremis selama satu tahun terakhir, sebagian besar di antaranya terduga berencana dengan ISIS.

Spanyol sendiri pernah dilanda terror pada 11 Maret 2004 sebuah bom meledak menewaskan sekitar 191 orang pada sebuah kereta komuter Madrid.




Kontak blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz