Jumat, 23 Januari 2015

Rakyat Saudi Antarkan Raja Mereka Ke Peristirahatan Terakhir

Istimewa
RIYADH, -  Seluruh rakyat Saudi memadatik Masjid Besar Riyadh untuk mengucapkan salam perpisahan kepada pemimpin tertinggi mereka, Raja Abdullah bin Abdulaziz al Saud yang wafat pada Jumat (23/1) pagi waktu setempat.

Sebagaimana media melaporkan, jenazah Raja Abdullah disemayamkan dalam sebuah makam tak bertanda pada Jumat (23/1) setelah Raja Salman naik takhta menggantikan Abdullah untuk memimpin negara tersebut.

Sebagaimana dalam hukum Islam yang berlaku, jenazah Raja Abdullah akan terbungkus kain kafan putih sederhana yang kemudian dibawa menuju Masjid Besar Riyadh dengan diiringi keluarga dekat untuk dishalatkan sebelum dimakamkan.

Raja Salman yang baru naik takhta akan memimpin doa dan prosesi ini dihadiri oleh sejumlah kepala negara Islam dan tokoh senior seperti sekutu terdekat Raja Abdullah pasca Revolusi Muslim Semi Arab yang juga Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi.

Sebagai informasi, Raja Abdullah bin Abdulaziz lahir pada tahun 1924 memimpin Saudi sejak tahun 2006 menggantikan Raja Fahd yang wafat namun secara de facto dirinya sudah menjadi pemimpin negeri itu selama satu dekade.

Sementara Raja Salman sendiri yang berusia 79 tahun ini adalah adik dari Abdullah telah menahbiskan sebagai putera mahkota dan menteri pertahanan sejak 2012 yang sebelumnya menjadi Gubernur Provinsi Riyadh selama lima dekade.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/Lorcasz