Senin, 26 Januari 2015

Korut Ogah Komentari Soal Kunjungan Jong-un

JAKARTA, - Informasi yang mengatakan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un akan hadir dalam perhelatan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung tidak membuat perwakilan negaranya di Indonesia mempersiapkan itu semua bahkan tidak mau berkomentar.

Informasi yang beredar bahwa staff diplomat Kedutaan Korea Utara di Jakarta tidak mau berkomentar karena belum adanya undangan soal ini dari pemerintah Indonesia serta belum adanya instruksi dari Pyongyang.
Istimewa

Sementara itu informasi dari Pejambon mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan undangan kepada lebih dari 109 kepala negara Asia Afrika termasuk Korea Utara namun hingga saat ini belum ada konfirmasi yang masuk termasuk apakah Kim Jong-un akan hadir.

Kabar akan datangnya pemimpin tertinggi negara super tertutup ini disampaikan Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap dengan mengutip pernyataan dari pejabat negeri gingseng tersebut bahwa Jong-un tertarik untuk hadir dalam konferensi tersebut.

Jika ucapan pejabat Korsel ini benar, maka kunjungan ke Indonesia merupakan debut perdana Jong-un ke luar negeri setelah menggantkan anaknya Kim Jong Il pada Desember 2011 lalu.

Korea Utara sendiri melihat KAA Bandung adalah sebagai tonggak Gerakan Non Blok dan sering digunakan sebagai kampanye diplomatic negara tersebut.

Hal ini bisa dibuktikan dimana pendiri Korea Utara Kim Il Sung hadir dalam peringatan ulangtahun KAA ke-10 bersama puteranya Kim Jong Il pada tahun 1965

Sebagai informasi, Konferensi Asia Afrika pertama kali berlangsung pada 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung-Jawa Barat.

Pertemuan ini diadakan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika serta melawan neokolonialisme Amerika Serikat dan Uni Sovyet yang ketika itu sedang kuat.

Untuk tahun 2015 ini, konferensi ini akan diadakan di Jakarta pada 22-23 April di Jakarta yang dilanjutkan pertemuan puncak serta napak tilas pada 24 April di Bandung.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz