Kamis, 29 Januari 2015

Indonesia Serahkan Keketuaan Kepada ASEAN New Delhi Committee

NEW DELHI, - Indonesia menyerahkan keketuaan ASEAN New Delhi Committee (ANDC) periode Juli-Desember 2014 kepada Laos.

Sebagaimana dilansir dari laman Kemlu, serah terima keketuaan ANDC dilakukan di KBRI New Delhi, acara penyerahan keketuaan ANDC dilaksanakan bersamaan dengan Pertemuan ke-102 para Kepala Perwakilan Negara ASEAN untuk India di New Delhi.

Dok. KBRI New Delhi
Duta Besar RI New Delhi, Rizali Wilmar Indrakesuma, melaporkan serangkaian kegiatan yang dilakukan ANDC selama di bawah kepemimpinan Indonesia pada periode Juli hingga Desember 2014.

Sebagai koordinator ASEAN di New Delhi, KBRI telah mengkoordinir kegiatan yang dilakukan dalam kerangka kerjasama ASEAN-India berupa seminar dan dialog dengan pemangku kepentingan di India.

Selain itu, KBRI juga telah mempersiapkan kegiatan Festival Kebudayaan dan Makanan ASEAN yang diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2015.

Dalam acara penyerahan keketuaan ANDC, Duta Besar RI menyampaikan harapan kepada Duta Besar Laos sebagai Ketua ANDC yang baru agar kegiatan-kegiatan ASEAN dapat terus ditingkatkan.

Hal yang sama juga disampaikan Duta Besar negara-negara ASEAN lainnya yang berkomitmen membantu Duta Besar Laos dalam mendorong penguatan kerja sama ASEAN-India di berbagai bidang dan dalam menjadikan ANDC sebagai forum untuk menjalin kekeluargaan diantara negara anggota ASEAN di India.

Pertemuan ke-102 ANDC menyepakati sejumlah agenda kerja tahun 2015, diantaranya mempersiapkan kegiatan-kegiatan dalam rangka acara ulang tahun ASEAN seperti festival budaya.

Kegiatan lainnya adalah meningkatkan interaksi antar seluruh diplomat ASEAN dalam berbagai macam bentuk kegiatan seperti olahraga maupun sosial budaya sehingga pembentukan Masyarakat ASEAN betul-betul dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota masyarakat ASEAN di India.



Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/Lorcasz