Kamis, 29 Januari 2015

Jepang Salurkan Bantuan Hibah Grassroots

Dok. Japan Embassy-Jakarta

BEKASI, - Pemerintah Kerajaan Jepang memberikan bantuan hibah grassroots keamanan manusia kepada sejumlah pihak di Indonesia.

Sebagaimana informasi yang diterima melalui bagian Penerangan dan Budaya Kedutaan Jepang untuk Indonesia melalui email mengatakan upacara peresmian pusat layanan kursi roda yang dibangun oleh pemerintah Jepang melalui Bantuan Hibah Grassroots Keamanan Manusia telah diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 2015 di Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dok. Japan Embassy-Jakarta
Upacara ini dihadiri oleh Shuichi Akamatsu, Minister dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, sebagai perwakilan dari pihak Jepang dan Heny Prabaningrum, ketua Yayasan UCP Roda Untuk Kemanusiaan Indonesia, sebagai perwakilan dari pihak Indonesia.

Pusat layanan kursi roda tersebut merupakan hasil dari “Proyek Pembangunan Fasilitas Untuk Mendukung Kemandirian Pengguna Kursi Roda di Wilayah Bekasi dan Jakarta Utara” yang dilaksanakan dalam kerangka Bantuan Hibah Grassroots Keamanan Manusia. Proyek telah ditandatangani oleh Pemerintah Jepang dan Yayasan UCP Roda

Untuk Kemanusiaan Indonesia pada bulan Maret 2014 dan diberikan bantuan hibah senilai USD 92,303.

Dalam proyek tersebut telah dilaksanakan sejumlah kegiatan, di antaranya pembangunan fasilitas pusat pelayanan kursi roda dan pelatihan perbaikan kursi roda bagi staf pusat pelayanan tersebut.

Dok Japan Embassy-Jakarta
Di samping itu, dalam proyek tersebut dilaksanakan pula pembangunan fasilitas toilet bagi pengguna kursi roda, peniadaan hambatan bagi kursi roda dengan pengadaan jalan tanjakan (slope), dan pelaksanaan pelatihan pemanfaatan secara efektif atas fasilitas dan peralatan yang telah diberikan bagi siswa dan guru di lima Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Dasar.

“Kami berharap semoga proyek tersebut memungkinkan pengguna kursi roda di wilayah tersebut menikmati pelayanan perbaikan kursi roda sekaligus memperbaiki lingkungan kegiatan sekolah bagi siswa pengguna kursi roda di lima sekolah di Kota Bekasi,”demikian penjelasan Kedutaan Jepang.



Kontak blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz