Jumat, 30 Januari 2015

Dunia Futuristik ala Swedia

STOCKHOLM, - Ternyata hal yang berbau futuristic tidak hanya ada dalam film tetapi juga dalam kehidupan nyata.

Hal ini coba dikembangkan Swedia dalam dunia kerja dimana sebuah perusahaan di Stockholm menanamkan sebuah chip mikro ke dalam tubuh karyawannya.

Istimewa
Sebagaimana dilansir dari News.com.au mengatakan Perusahaan Epicentre, Swedia bernama Chip Indentifikasi Frekuensi Radio (RFID) seseorang dapat membuka akses pintu gerbang, lift, tempat fotocopi hingga membeli makanan di kafe.

Ide Chip ini tercetus oleh sebuah kelompok yang bernama BioNyfiken dengan mengimplan delapan hingga lima belas orang sekaligus dengan RFID ini.

Tujuan dari penciptaan ini untuk membuat hidup orang lebih mudah dan merasa menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Menurut Hannes Sjoblad, salah satu aktivis dari BioNyfiken mengatakan setidaknya sekitar 100 orang dinegaranya sudah memiliki Chip tersebut, menurutnya chip tersebut solusi ideal untuk mengatasi rumitnya kode pin.

“Bukankah akan lebih mudah hanya dengan menyentuhkan tangan,” Itu sangat Intutif,”ucapnya.

Menurut Sjoblad kenapa Swedia menjadi tempat diterapkan teknologi ini karena memiliki rekam jejak sebagai pengadaptasi teknologi yang sangat cepat dan suasa medukung dalam eksperimen tersebut.

“Swedia memiliki rekam jejak sebagai pengadaptasi teknologi baru yang sangat cepat dan suasana sekarang sangat kondusif untuk eksperimen semacam ini,”ucapnya.

Namun apa yang dilakukan Swedia ini peroleh kecaman dari netizen dan penikmat sosial media yang mengatakan negara tersebut telah kehilangan keinginan untuk hidup bebas.


Kontak Blog > ervanca@Gmail.com
Twitter.com/Lorcasz