Selasa, 27 Januari 2015

Menteri Luar Negeri RI Bertemu dengan Murid CLC

KUALA LUMPUR, - Dalam rangkaian kunjungan ke Kuala Lumpur dan Sabah, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi berkesempatan untuk berdialog dengan murid-murid dan guru di Community Learning Center (CLC) di Kota Ki Manis, sekitar 1 jam dari pusat Kota Kinabalu.

Dok. FasMed Kemlu RI
Sebagaimana informasi yang didapat dari Fasilitas Media-FasMed Kemlu RI melalui email menjelaskan anak-anak tersebut tinggal di kota Ki Manis karena orang tuanya adalah Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di berbagai perkebunan di kawasan tersebut. Jumlah murid di CLC adalah sekitar 187 orang anak usia Sekolah Dasar.

Menlu RI yang hadir bersama Dubes RI Kuala Lumpur Herman Prayitno, Konjen RI di Kota Kinabalu Ahmad Irfan, Direktur PWNI dan staff Kemlu lainnya bertemu dengan koordinator CLC, Suwandi Permana serta empat orang guru Indonesia yang menjadi sukarelawan di tempat tersebut.

Dalam kesempatan dialog, diperoleh berbagai masukan antara lain mengenai keberlangsungan CLC. Isu ini telah disampaikan oleh Menlu Indonesia kepada Menlu Malaysia dalam pertemuan bilateral di Kota Kinabalu, 26 Januari 2015.

Masalah Perijinan ini merupakan isu yang sangat penting untuk diselesaikan guna menjamin hak pendidikan bagi Buruh Migran Indonesia di Malaysia.

Sebagai informasi, jumlah CLC di Sabah ada sekitar 207 buah, di mana 24 CLC merupakan CLC non ladang yang belum memiliki ijin pendirian dari Pemerintah Malaysia.

Adapun Jumlah siswa CLC di Sabah adalah : tingkat Sekolah Dasar 6950 siswa, Sekolah Menengah Pertama 3000 siswa, dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu  780 siswa

BMI di  Sabah bekerja di berbagai sektor, baik profesional, formal, informal, sektor jasa, ABK, maupun perladangan/perkebunan.

Sektor pekerjaan yang paling banyak dimasuki oleh BMI adalah sektor perladangan/perkebunan (53%) dan pekerjaan professional adalah sektor yang paling sedikit (1%).

BMI di wilayah Sabah sebagian besar berasal dari Timor (NTT), Tanah Toraja dan Makasar (Bugis) serta JawaTimur.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz