Rabu, 28 Januari 2015

Di Golan, Suriah – Israel Kontak Senjata

GOLAN, - Kontak senjata antara Suriah dan Israel terjadi di kawasan Dataran Tinggi Golan dalam beberapa hari terakhir.

Sebagaimana informasi yang beredar, Jet Tempur Israel menembak dua titik militer di kawasan Suriah, selain itu dalam 12 jam sebelumnya dataran tinggi Golan mencekam lantara serangan udara yang dilakukan Israel mengakibatkan tewasnya jenderal asal Iran serta beberapa gerilya Hizbullah Lebanon.

Istimewa
Menurut Juru BIcara IDF, Letnan Kolonel Peter Lerner mengatakan bahwa pemerintah Suriah bertanggung jawab atas semua serangan tersebut.

“Pasukan Pertahanan Israel, IDF menganggap pemerintah Suriah bertanggung jawab untuk semua serangan yang datang dari wilayah mereka dan akan melakukan apapun untuk melindungi warga sipil Israel,”ucapnya.

Terkait dengan insiden ini, dari Washington DC Juru BIcara Kementerian Luar Negeri Jen Psaki mengatakan pihaknya mendukung langkah sekutunya dalam mempertahankan diri, namun AS menegaskan tidak ingin adanya peningkatan ketegangan di kawasan tersebut.

“Kami menyerukan semua pihak untuk menghindari setiap tindakan yang akan merusak gencatan senjata antara Israel dan Suriah serta mematuhi perjanjian tahun 1974,”ucapnya.
Sebagai informasi, Israel menguasai Golan dari Suriah setelah Perang Timur Tengah tahun 1967. Pada tahun 1981 Israel mengumumkan telah mengambil wilayah seluas 1,200 kilometer persegi namun itu tidak diakui komunitas internasional.

Peristiwa terakhir terjadi pada 18 Januari lalu dimana terjadi serangan udara Israel ke Dataran Tinggil Golan yang menyebabkan terbunuhnya Jenderal Garda Revolusi Iran, Mohammed Allahdadi serta Komandan Hizbullah serta putera dari mendiang pemimpin militer Lebanon, Imad Moughniyeh.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

twitter.com/Lorcasz