Sabtu, 24 Januari 2015

Penggiat HAM desak Rusia Bebaskan Blogger

MOSKOW, - Para penggiat HAM dan organisasi serupa menyerukan kepada Rusia untuk membebaskan jurnalis investigasi yang juga blogger negeri itu, Sergei Reznik yang dinyatakan bersalah karena menghina pejabat.

Serupa dengan tindakan yang dilakukan penggiat HAM, organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama Eropa mengatakan menghukum dan memenjarakan jurnalis karena melalukan tugas tidak bisa diterima.

Istimewa
“Menghukum dan memenjarakan wartawan karena melakukan tugas, tidak bisa diterima. Bukannya menjamin perlindungan dan independensi anggota media, pemerintah secara efektif membatasi ruang gerak debat publik dan hak warga atas kebebasan informasi,”demikian penjelasan organisasi tersebut.

Sementara itu Reporters Without Borders pun mengutuk apa yang diterima Reznik dan menyerukan sidang banding yang adil pada wilayah hukum lain dimana jurnalis tersebut mengalami penganiayaan peradilan dengan tujuan jelas untuk membungkamnya.

Sebagai informasi, Sergei Reznik dinyatakan bersalah karena menghina pejabat dan membuat pernyataan palsu.

Reznik dijatuhi hukuman tiga tahun selain masa tahanan 18 bulan yang sudah dijalani. Pengadilan juga melarang pria ini mempraktikkan jurnalisme selama dua tahun setelah dibebaskan.

Reznik dijadwalkan bebas pada Mei nanti setelah mendekam dalam sel sejak November 2013 lalu.



Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/Lorcasz