Selasa, 30 Desember 2014

Tiongkok Tutup Layanan Gmail

BEIJING, - Sebuah kabar tidak mengenakan berasal dari Tiongkok dimana layanan surat elektronik yang dibuat perusahaan Google, Gmail kabarnya diblokir setelah beberapa bulan terakhir mengalami gangguan.

Kabar yang beredar sebagaian alamat surat elektroni Gmail di kawasan Tiongkok tidak bisa diakses mulai Jumat (26/12) hingga Senin (29/12) waktu setempat.

Menurut organisasi kebebasan berbicara di Tiongkok, Greatfire.org mengatakan bahwa pemerintah mencoba untuk menghilangkan kehadiran Google di negeri tirai bamboo ini serta memperlemah pasarnya diluar negeri.

“Saya kira pemerintah coba untuk semakin menghilangkan kehadiran Google di Tiongkok dan memperlemah pasarnya di luar negeri. Bayangkan jika pengguna Gmail tidak bisa menghubungi klien mereka di Tiongkok, banyak yang akan berpindah dari Gmail,”demikian ditulis Greatfire.org.

Sementara itu dari Singapura, juru bicara Google mengatakan laporan transparansi pihaknya juga menunjukkan penurunan yang tajam pada lalu lintas email dari Tiongkok pada akhir pekan lalu.

“Kami telah memeriksanya dan tidak ada yang salah dari pihak kami,”ucap juru bicara.

Sedangkan menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying mengatakan pihaknya tidak tahu menahu soal pemblokiran Gmail, dirinya hanya mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memberikan lingkungan bisnis yang baik bagi investor asing.

“Tiongkok menyambut dan mendukung sikap yang baik terhadap investor asing dalam melalukan bisnis di negara ini. Kami juga selalu memberikan lingkungan yang baik, transparansi dan terbuka bagi perusahaan asing di Tiongkok,”ucapnya.

Seperti diketahui, hampir semua layanan Google terganggu operasionalnya di kawasan Tiongkok sejak Juni tahun lalu, namun hingga pekan lalu para pengguna layanan Gmail masih bisa melakukan kegiatan surat elektronik mereka melalui sistem IMAP, POP3 dan SMTP.

Tiongkok sendiri menggunakan sistem mekanisme penyesoran internet canggih yang dikenal dengan Great Firewall dimana menurut pengamatan negara itu meningkatkan sensor mereka dengan sistem ini dalam setahun terakhir untuk memutuskan internet dari luar.

Sensor terhadap Google di kawasan Tiongkok sudah dimulai ketika 25 tahun tragedy Tianmen, sebuah peristiwa penembakan mahasiswa pada demonstrasi di Beijing pada 4 Juni 1989 lalu.

Dengan kebijakan ini, para pengguna surat elektronik dan Google memutuskan  menggunakan aplikasi Gmail pada Apple iPhne atau Microsoft Outlook.


Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/Lorcasz