Rabu, 31 Desember 2014

Jepang Bantu Cari QZ8501

JAKARTA, - Pemerintah Kerajaan Jepang akan mengirimkan satu tim untuk membantu Indonesia dalam mencari sisa jenazah dan bangkai pesawat QZ8501 yang diperkiarakan jatuh di Selat Jawa.

Hal ini disampaikan Wakil Duta Besar Kerajaan Jepang untuk Indonesia, Yusuke Shindo yang mengatakan tim kemungkinan akan sampai nanti malam di Jakarta kemudian aka nada briefing dengan Basarnas.

“Tim koordinasi telah dikirimkan hari ini, mungkin akan sampai nanti malam di Jakarta, nanti aka nada briefing dengan Basarnas,”ucap Wakil Dubes Shindo.

Wakil Dubes Shindo juga mengatakan sesuai dengan permintaan dari Basarnas, pihaknya telah mengirimkan dua kapal perusak Onami dan Takanami serta tiga helicopter.

Namun sayangnya kapal asal Jepang ini masih tertahan di Pelabuhan Klang Malaysia bukan karena izin clearance tetapi perubahan tempat pencarian.

“Awalnya prioritas utama Indonesia adalah untuk mencari hilangnya pesawat, tetapi karena mereka sudah menemukan lokasi hilangnya pesawat jadi situasi ini sudah berubah dan kami mengubahnya untuk memutuskan mengirimkan bantuan baru pada hari ini,”ucap Wakil Dubes

Menurut Wakil Dubes, ada sekitar 400 personel gabungan berada di dalam kedua kapal ini dan sedang melakukan persiapan pengisian bahan bakar dan pengumpulan bahan makan sembari menunggu briefing.

Kapal Onami dan Takanami selalu dilibatkan pemerintah Kerajaan Jepang untuk misi kemanusiaan dan penyelamatan bencana alam seperti pada saat Tsunami Jepang.


Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/Lorcasz