Selasa, 30 Desember 2014

Menlu Terima Kepulangan 3 ABK Korban Kapal Oryong 501

Dok. Kemlu RI
JAKARTA, - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI menerima kepulangan tiga (3) orang Anak Buah Kapal Warga Negara Indonesia (ABK-WNI) Kapal Oryong 501 yang tiba di Tanah Air.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Fasilitas Media-FasMed Kemlu melalui email mengatakan 3 orang ABK tersebut tiba di Tanah Air dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 879.

Adalah Naryanto, Wanto dan Teguh bin Haryono yang selamat dari insiden tenggelamnya Kapal Oryong 501 di Laut Bering, lepas pantai Chukotka Peninsula, Rusia pada 1 Desember 2014 lalu.

Dalam insiden tersebut, 14 ABK Indonesia telah ditemukan meninggal dunia, sementara 18 ABK Indonesia lainnya belum ditemukan hingga saat ini. Kapal milik Sajo Industries tersebut mempekerjakan 35 orang ABK asal Indonesia.

Dok. Kemlu RI
Ketiga ABK yang berhasil selamat tersebut dibawa ke Busan pada tanggal 26 Desember 2014 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum pulang ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri secara resmi menyerahkan ketiga ABK kepada keluarga dan selanjutnya akan kembali ke daerah asal masing-masing.

Adapun jenazah ABK WNI yang tiba di Busan pada 26 Desember 2014 telah melewati proses post-mortem dan identifikasi sidik jari oleh DVI Polri dan Korea Selatan.

Diharapkan semua jenazah WNI dapat segera dipulangkan ke tanah air pada minggu pertama bulan Januari 2015.

Penanganan kasus ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Luar Negeri,  KBRI Moskow dan KBRI Seoul dengan dukungan instansi di dalam negeri, seperti Polri, BNP2TKI dan Kementerian Perhubungan.

Pasca diterimanya informasi mengenai insiden ini, Kementerian Luar Negeri menghubungi pihak keluarga seluruh korban di tanah air.


Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/Lorcasz