Selasa, 23 Desember 2014

Jerman tetap berkomitmen sebagai mitra untuk rekonstruksi dan pembangunan Aceh

JAKARTA, - Republik Federal Jerman tetap akan komitmen sebagai mitra dalam rekonstruksi dan pembangunan di Aceh pasca Tsunami yang memasuki tahun kesepuluh.

Hal ini disampaikan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia kedudukan di Jakarta dalam siaran persnya memperingati 10 tahun tragedy Tsunami Aceh.

Dalam paparannya, Kedubes Jerman mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan kepada masyarakat Aceh dan Nias sebesar 178 juta euro dan sekitar 11 juta Euro melalu perwakilan multi donor.

Sepanjang pemulihan Tsunami dalam hal rekonstruksi dan rehabilitasi lembaga kerjasama pembangunan Jerman, GIZ memberikan bantuan teknis dan KfW untuk bantuan keuangan.

Di Aceh, Pemerintah Jerman memprioritaskan untuk merekonstruksi sekitar 7,600 rumah baru di sekitar 92 desa untuk 30,000 orang yang akan menempatinya.

Selain rumah, lembaga kerjasama Jerman juga membantu dalam perencanaan dalam pemasokan sanitasi air bersih, listrik dan pembuangan limbah dengan totak nilai 41 juta Euro.

Untuk pendidikan, Jerman pun membangun sekolah temasuk sekolah menengah dan kejuruan dengan anggaran 44 juta Euro.

Salah satu rekonstruksi dan modernisasi 10 sekolah kejuruan dan tujuh sekolah tinggi, di antaranya SMK 1-3 di Banda Aceh.

Ilustrasi - Istimewa

Selanjutnya 21 sekolah kejuruan telah disediakan dengan peralatan. Hal ini memberikan lebih dari 12.000 siswa tempat di mana mereka bisa belajar.

Kerjasama pembangunan di sektor ini masih berlangsung hingga 2014 dan juga telah memberikan kontribusi terhadap metode pengajaran modern termasuk kerjasama yang lebih kuat dengan sektor swasta.

Berbagai proyek di sektor pemerintahan yang baik telah mendukung pemerintah daerah pada tingkat yang berbeda.

Dokumen identifikasi merupakan prasyarat untuk penggunaan layanan pemerintah dan dengan demikian penting untuk keamanan sehari-hari.

Dua belas unit layanan mobile telah dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada 2.700 desa yang paling parah terkena dampak tsunami, di mana KTP dan akta kelahiran telah diterbitkan langsung ke desa.

Tanpa bantuan kerjasama pembangunan Jerman, pendaftaran pemilih untuk pemilu demokratis pertama pada bulan Desember 2006 akan sulit. Sementara itu, 2,6 juta warga di Aceh memiliki kartu identitas baru.

Jerman juga telah memberikan kontribusi lebih dari 40 juta Euro untuk pengembangan Sistem Peringatan Dini Tsunami (GITEWS), yang sekarang beroperasi penuh dan akan membantu untuk mencegah tsunami di masa mendatang dari memiliki pengaruh yang sangat buruk seperti yang terakhir.




Kontak Blog >  ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz