Minggu, 15 Februari 2015

Teror Hantui Kopenhagen, Satu Sipil Tewas

COPENHAGEN, - Aksi terror kembali mengguncang Eropa setelah awal tahun di Paris kali ini Denmark mendapatkan terror serupa.

Informasi yang beredar berdasarkan laporan Kepolisian Denmark dan Kantor Berita setempat, Ritzau seorang warga sipil tewas dan tiga orang petugas kepolisian terluka akibat aksi penembakan orang tak dikenal pada sebuah kafe di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (14/2) waktu setempat.

Istimewa
Penembakan ini terjadi pada area publik saat sedang digelar pertemuan publik dengan seniman kontroversi Lars Vilks

Dalam pertemuan tersebut sebagaimana dilaporkan Ritzau mengatakan hadir juga Vilks dan Duta Besar Perancis, Francois Zimeray namun sang sang Dubes luput dari aksi tersebut.

Terkait dengan Diplomatnya nyaris menjadi korban, Presiden Perancis, Francois Hollande mendelegasikan anggota kabinetnya, Menteri Dalam Negeri Bernard Cazeneuve berangkat ke Kopenhagen untuk segera mungkin menyampaikan solidaritasnya.

Sebagai informasi, Vilks dalam berkegiatan seninya mengundang kontroversi pada tahun 2007 ketika menggambarkan sebagai Nabi Muhammad dalam sosok seekor anjing yang memicu kemarahan sejumlah kelompok Islam radikal.

Akibat kegiatan seninya inilah Vilks mendapatkan banyak ancaman dan hidup dalam perlindungan yang diberikan Kepolisian Swedia sejak tahun 2010.

Vilks pun nyari tewas setelah seorang wanita Amerika Serikat yang menyebut dirinya sebagai Jihad Jane yang berujung hukuman 10 tahun oleh pengadilan.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz