Rabu, 25 Februari 2015

Dubes RI Serahkan Kredensial kepada Presiden Chile

SANTIAGO, - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Chile, Philemon Arobaya menyerahkan surat kepercayaan (letter of credential) kepada Presiden Chile Michelle Bachelet.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu RI, acara penyerahan kredensial bertempat di ruangan O’Higgins, Istana Kepresidenan La Moneda, Santiago.

Dok. KBRI Santiago
Sebelum penyerahan kredensial diawali dengan pemeriksaan barisan kehormatan oleh Dubes Arobaya kemudian dilanjutkan dengan penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Bachelet.


Lepas penyerahan kredensial, Dubes Arobaya, berkesempatan melakukan audiensi dengan Presiden Chile selama 15 menit.

Dalam audiensi tersebut, Dubes Arobaya menyampaikan salam hormat dan penghargaan yang tinggi dari Presiden RI kepada Presiden Michelle Bachelet dan rakyat Chile.

Dalam kesempatan ini juga dibahas mengenai berbagai hal dalam meningkatkan hubungan bilateral baik bidang politik maupun sosial, budaya dan ekonomi.

Setelah beraudiensi, Dubes Arobaya pun meninggalkan Istana Kepresidenan La Moneda dengan penghormatan dari Pasukan Cabineros (Kepolisian Republik Chile) bersamaan dengan dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan Pasukan Kehormatan di depan pintu utama Istana.

Sebagai informasi, dalam penyerahan kredensial ini, tidak hanya Indonesia yang menyerahkan tetapi juga berasal dari Kerajaan Saudi Arabia, Republik Islam Iran, Selandia Baru, Republik Irlandia, dan Republik Finlandia.

Dubes Arobaya mendapatkan kesempatan pertama untuk menyerahkan kredensial kepada Presiden Chile.

Duta Besar Philemon Arobaya sendiri adalah Dubes RI yang ke-7 sejak dibukanya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Santiago pada tanggal 8 Maret 1991.

Semenara hubungan bilateral antara Indonesia dan Chile sendiri sudah terjalin hampir 50 tahun tepatnya pada tahun 1965.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz