Selasa, 24 Februari 2015

Rencana Pembelian Pesawat Brasil Terancam Berhenti

JAKARTA, - Terkait dengan pelecehan diplomatic Indonesia oleh Brasil membuat beberapa pertimbangan untuk menghentikan sementara proyek kerjasama kedua negara.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan mempertimbangkan pembeliannya dengan catatan .

Ilustrasi - Istimewa
“Sedang kami pertimbangkan, pembeliannya. Kalau misalkan mereka turunkan hubungan politik dan ekonomi dengan Indonesia, maka pemerintah juga bisa melakukan hal yang serupa,”ucapnya.

JK juga menambahkan bahwa pertimbangan pembelian pesawat ini akan lebih menguntungkan Indonesia mengingat selama ini Indonesia lebih banyak melakukan impor dari Brasil daripada melakukan kegiatan eksor ke negara latin tersebut.

“Alternatifnya banyak kok, tidak hanya Brasil saja. Namun juga ada Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang,”ucapnya.

Sebagai informasi, kerja sama Indonesia-Brasil ditandai dengan adanya pembelian satu skuadron atau sekitar 16 unit pesawat jenis EMB-314 Super Tucano untuk keperluan TNI AU dalam memantau wilayah pesisir Indonesia.

Sementara menurut data kementerian Perdagangan, nilai perdagangan antara Indonesia-Brasil mencapai USD4 miliar pada tahun 2014 dengan impor Indonesia adalah kacang kedelai 

Sedangkan menurut BKPM terdapat dua proyek investasi dari Brazil dengan nilai mencapai USD1 juta atau peringkat 83 dari penanaman modal asing (PMA) di Indonesia.


Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz