Selasa, 24 Februari 2015

Selandia Baru Gabung Koalisi Basmi ISIS

WELLINGTON, - Koalis melawan ISIS yang berada di bawah komando Amerika Serikat kembali menambah amunisi baru dimana ada negara lain di kawasan Oceania yang akan bergabung dalam membasmi kelompok militant tersebut.

Adalah Selandia Baru yang akan menjadi negara ke-63 dalam koalisi melawan ISIS. Kepastian ini diumumkan oleh Perdana Menteri negara tersebut, John Key di hadapan anggota dewan pada Senin (23/2) waktu setempat.
Istimewa

Sebagaimana diberitakan oleh media setempat, dalam misi ini PM Key akan menerjunkan sekitar 143 personel ke Irak untuk misi non-tempur dengan durasi dua tahun terhitung pada Mei mendatang.

Misi non tempur tersebut yang dilakukan Selandia Baru adalah melatih tentara keamanan Irak di Komplek Militer Taji di kawasan utara Baghdad.

“Warga Selandia Baru adalah pelancong aktif dan kita tidak kebal erhadap ancaman ISIS. Kebrutalan ISIS semakin buruk dan aksinya telah menyatukan koalisi antara 62 negara untuk menyerang,”ucapnya.

Namun tindakan PM Key ini mendapatkan tentangan dari Partai Buruh lewat pemimpinnya mengatakan bahwa pihaknya menentang pengiriman tentara ke Irak

“Perdana Menteri mengatakan mereka akan aman, tapi kita tahu mereka tidak akan aman, mereka tidak bisa bertahan di sana, mereka tidak bisa tinggal di sana, mereka tidak bisa melakukan itu. Mereka tidak bisa hanya diam di dalam teritori, mereka akan berada dalam konflik yang lebih besar. Bukan hanya tentara yang akan kita kirim ke Irak, akan ada warga negara Selandia Baru juga pergi ke luar negeri,”ucapnya.

Senada dengan Little, Pemimpin Partai Hijau Russel Norman mengatakan bahwa  PM Key menarik Selandia Baru ke medan tempur orang lain tanpa mandat.

Kritikan juga datang dari Pimpinan Partai New Zealan First, Winston Peters yang mengatakan bahwa Key membuat gerakan besar dengan keputusan pengiriman pasukan tersebut.

Namun kritikan itu masih bisa dibalas Key dengan mengatakan bahwa pemerintah sudah mempertimbangkan dengan cermat keputusan Selandia Baru untuk berkontribusi dalam koalisi AS ini.



Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz