Jumat, 27 Februari 2015

Gandeng Tiongkok, GM Bangun Pabrik Baru di Indonesia

JAKARTA, - Tidak butuh waktu lama bagi General Motors yang baru saja mengumumkan penutupan pabriknya di Pondok Ungu pada Juni 2015 mendatang sudah menyiapkan pabrik baru di negeri ini dengan menggandeng Tiongkok.

Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian, Saleh Husin ketika berkunjung ke pabrik PT Suzuki Indomobil (PT SIM) di kawasan Tambun, Bekasi

Ilustrasi - dok CatatanLorcasz
“Saya dengar pabrik yang di Pondok Ungu, Bekasi akan ditutup, tapi di satu sisi juga GM kerjasama dengan Wuling dari China berencana melakukan investasi bangun pabrik baru di Bekasi atau Karawang,”ucapnya.

Menurut Menteri Husin bahwa pabrik yang akan dibangun GM ini senilai USD700 juta yang nantinya akan memproduksi MPV dengan kapasitas awal ditargetkan 150 ribu unit.

“Saya harus mengecek lagi tapi memang cukup besar di Indonesia, sekitar 150 ribu unit per awal tahunnya,”ucapnya.

Menteri Husin mengatakan bahwa pihak GM Indonesia sendiri sudah menemuinya pada bulan Januari lalu untuk menyampaikan rencana tersebut dan bahkan sudah melakukan pembebasan lahan.

Sebagai informasi, Wuling Motors adalah perusahaan otomotif gabungan (join venture) asal Tiongkok yang berdiri pada tahun 2007 dengan berkantor di Kota Liuzu, Guangxi, Tiongkok.
Jenis produksi yang dipasarkan perusahaan ini adalah bus besar, truk, MPV dan alat-alat mesin.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz