Sabtu, 28 Februari 2015

Konflik Yaman, 20 WNI Tiba di Tanah Air

JAKARTA, - Setidaknya 20 Warga Negara Indonesia (WNI) direncanakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (1/3) mendatang.

Sebagaimana informasi yang didapat dari Direktorat Informasi dan Media Kemlu RI melalui email mengatakan dua puluh WNI tiba di Indonesia menggunakan maskapai Yaman Airways, nomor penerbangan IY 862.

Seluruhnya diberangkatkan sehari sebelumnya dari Bandara Internasional Sana’a, melalui jadwal reguler maskapai penerbangan tersebut.

Ilustrasi - Istimewa
Para WNI tersebut terdiri dari 6 mahasiswa/pelajar/santri yang tiga diantaranya beserta para isteri,  6 balita dan 5 anak-anak mereka.

Sesampai di Jakarta, mereka  akan diserahterimakan oleh Kementerian Luar Negeri RI kepada kementerian/lembaga Pemerintah RI atau  Pemerintah Provinsi yang masing-masing warganya telah dievakuasi saat ini, yaitu Sumatera Selatan, Maluku, Aceh, dan Kalimantan Timur agar selanjutnya dapat difasilitasi pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing oleh Kemlu bekerja sama dengan Pemda terkait.

Proses evakuasi tersebut berhasil karena kerja sama antara KBRI Sana’a dengan otoritas terkait di Yaman, sebagai tanggapan KBRI Sana’a atas permintaan dari sebagian WNI di Yaman agar Pemerintah RI dapat memfasilitasi mereka kembali ke tanah air.

Hingga tanggal 24 Februari 2015, jumlah WNI yang mendaftarkan diri untuk meminta agar difasilitasi evakuasinya sebanyak 70 orang.

Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah, apabila situasi di Yaman dirasa belum kondusif bagi mereka untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Mereka dipulangkan seacara sukarela karena permintaan individual tersebut terkait situasi terakhir di Yaman.

Pemerintah RI hingga saat ini tidak memiliki rencana untuk mengurangi aktivitas apalagi menghentikan operasional KBRI Sana’a.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan dan perlindungan WNI di Yaman dapat berjalan dengan baik, terkoordinasi, dan terukur, serta sejalan dengan langkah perlindungan WNI sebagai prioritas politik luar negeri Pemerintah RI.

Sebagai negara sahabat, Indonesia mengharapkan agar Yaman tetap stabil, aman, dan sejahtera, sehingga hubungan bersahabat antara Indonesia dan Yaman dapat terus ditingkatkan dan memberi manfaat kepada kedua negara dapat bersama-sama terus berkontribusi terhadap perdamaian dunia.  

Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz