Jumat, 27 Februari 2015

Jepang Hadiri Pembukaan Kampus Baru Universitas Hasanuddin

MAKASSAR, - Pemerintah Kerajaan Jepang menghadiri pelaksaan pembukaan kampus baru Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebagaimana informasi yang diberikan dari bagian Kebudayaan Kedutaan Jepang untuk Indonesia di Jakarta melalui email mengatakan kehadiran pemerintah Jepang  sehubungan dengan bantuan pinjaman (yen loan) dari Jepang terhadap “Proyek Pengembangan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin” sebesar 7 milyar 801 juta yen.

Acara ini dihadiri oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia dan Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Turut hadir pula dalam acara tersebut perwakilan pemerintah Jepang, Masaki TANI, Kepala Konsulat Jendral Jepang di Makassar.

Melalui pemeliharaan dan perluasan Fakultas Teknik di universitas ini, diharapkan akan memperkuat ekspansi dan kegiatan penelitian pada pendidikan tinggi, terutama di bidang teknik.

Peningkatan kapasitas penelitian dan penguatan pengembangan sumber daya manusia, pada akhirnya bertujuan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan di Indonesia bagian Timur, dengan meningkatkan kemampuan industrinya, terutama COT (Center of Technology). COT yang didirikan melalui proyek ini akan berfungsi sebagai pusat atau pintu kerjasama universitas dengan dunia industri teknologi.

Hal ini akan menghubungkan dunia industri – universitas – pemerintah daerah (pemerintah provinsi, dsb) dalam jalinan kerjasama melalui pengembangan teknik industri, penelitian gabungan, dan perluasan kerjasama di bidang lainnya. Selain itu, sehubungan dengan proyek pinjaman Official Development Assistant (ODA) ini,

Melalui “Proyek Kerjasama Teknologi”, kegiatan utama yang akan dilakukan kedepannya antara lain memelihara operasional universitas dan penguatan kerjasama penelitian antara industri dengan universitas melalui COT.


Istimewa


Indonesia bagian Timur merupakan wilayah yang kaya akan sumberdaya kelautan dan perikanan, dan diharapkan proyek ini akan memberikan kontribusi dalam mewujudkan visi “Negara Maritim” seperti yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya.

Terlebih, Universitas Hasanuddin memiliki fakultas dan jurusan di bidang kelautan. Melalui pendidikan dan penelitian di bidang kelautan, serta dengan memanfaatkan COT, kedepannya dapat diprediksi adanya peluang berbagai jalinan kerjasama antara universitas – industri perikanan (pengolahan ikan) – pemerintah daerah, yang akan membawa perkembangan industri perikanan di wilayah ini.

Lewat proyek ini, Universitas Hasanuddin sebagai lembaga inti dari pengembangan sumber daya manusia di wilayah Indonesia bagian Timur, dan sebagai dasar untuk pengembangan industri melalui kerjasama universitas – industri, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan wilayah dan dapat membantu mengurangi kesenjangan antar daerah.

Sebagai informasi, bantuan Jepang terhadap Universitas Hasanuddin ini adalah proyek pinjaman ODA terhadap Fakultas Teknik UnHas yang meliputi pembanungan fasilitas sekolah, penyediaan peralatan penelitian serta pengiriman dan pelatihan staf pengajar ke Jepang.

Kontrak tersebut sudah dilakukan pada tanggal 29 Maret 2007  melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan dengan nilai proyek 11 Milyar 491 juta yen dimana diantaranya dana pinjaman ODA sebesar 7 miliar 801 juta yen.

Dan saat ini, Jepang membantu proyek peningkatan kolaborasi penelitian dan infrastruktu Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, berdurasi lima tahun hingga 2020.

Proyek ini terdiri dari pengiriman tenaga ahli ke Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, pelaksanaan kerjasama riset, lokakarya, seminar, serta penerimaan peneliti.

Proyek bantuan ini yang berbanderol lebih dari 320 juta yen dimana terdapat sarana pembangunan utama berupa fasilitas pendidikan dan penelitian antara lain, enam jurusan Fakultas Teknik yang meliputi Teknik Arsitektur, Sipil, Elektro, Mesin, Perkapalan dan Geologi.

Selain itu, membantu dalam Center of Technology, perpustakaan, gedung lokakarya, ruang konferensi, ruang seminar serta komputer



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz