Jumat, 27 Februari 2015

Jepang Salurkan Dana Hibah LSM Tahun Anggaran 2014

JAKARTA, - Pemerintah Kerajaan Jepang melakukan upacara penandatanganan kontrak pemberian hibah terkait sebuah proyek kerja sama dengan LSM Jepang antara Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Yasuaki TANIZAKI dan perwakilan dari Organisasi Pengembangan Sosial Indonesia AMDA (NPO), Mio KAJITA.

Sebagaimana informasi yang didapat dari Kedutaan Besar Kerajaan Jepang untuk Indonesia melalui email menjelaskan rincian proyek yang ditandatangani pada hari ini di Sinjai

Proyek yang bertajuk bantuan peningkatan teknologi produksi susu ini berada di Kabupaten SInjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dok Japan Embassy - Jakarta
Penerima dari dana bantuan sebesar USD193,118 ini adalah Organiassi Pengembangan Sosial Indonesia AMDA (NPO)

Proyek ini sendiri diadakan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, di mana 15 % dari seluruh rumah tangga hidup dengan penghasilan harian di bawah USD 1,25, dan bertujuan untuk mengembangkan sektor peternakan sapi perah dan meningkatkan pendapatan bagi petani-petani kecil setempat.

Untuk tujuan tersebut, proyek ini akan menyediakan beberapa program, di antaranya peningkatan kemampuan para pegawai Dinas Peternakan Sapi Perah, peningkatan pengetahuan dan kemampuan terkait pemeliharaan sapi perah bagi para peternak sapi perah, dan pelaksanaan School Milk Program (program penyediaan susu bagi anak-anak Sekolah Dasar).

Proyek ini, yang saat ini akan memasuki tahap III, telah dijalankan oleh AMDA sejak tahun 2013, dan pelaksanaan tahap I dan II telah membawa sejumlah hasil, termasuk peningkatan kemampuan dan pengetahuan bagi ahli inseminasi hewan dan peternak sapi perah dan pengadaan School Milk Program di sejumlah Sekolah Dasar.

Pelaksanaan tahap III diharapkan akan memberikan kontribusi demi peningkatan lebih lanjut kemampuan dan pengetahuan bagi ahli inseminasi hewan dan peternak sapi perah serta penciptaan landasan bagi koperasi peternak sapi perah untuk tetap secara mandiri menjalankan kegiatan pengembangan dan penyebarluasan konsumsi susu setelah pelaksanaan proyek ini.

Bantuan Hibah Kerja Sama dengan LSM Jepang merupakan sistem pemberian dana oleh Pemerintah Jepang kepada LSM Jepang yang memiliki proyek pengembangan ekonomi dan sosial di negara/daerah berkembang.

Melalui pelaksanaan proyek yang telah ditandatangani kontraknya pada hari ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi peternakan sapi dan penyebarluasan kegiatan minum susu bagi sekitar 970 orang di Kabupaten Sinjal, termasuki pegawai Dias Peternakan Kabupaten Sinjai, ahli inseminasi, peternak sapi perah, serta para guru dan anak di sekolah pelaksana School Milk Program




Kontak Blog > ervanca@Gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz