Jumat, 27 Februari 2015

Menteri Perindustrian Beberkan Kenapa GM Tutup Pabriknya

JAKARTA, - Alasan General Motors menutup pabriknya di kawasan Pondok Ungu per-Juni 2015 mendatang dikarenakan kalah bersaing dalam pasar otomotif nasional.

Dugaan ini dijelaskan Menteri Perindustrian Saleh Husin yang mendapatkan informasi tersebut serta produksi pabrikan ini sudah tidak kompetitif

“Informasi yang kami dapat produksi Cheverolet Spin-nya sudah tidak kompetitif lagi dan kalah bersaing dengan industri otomotif di sini. Mungkin ada masalah dalam pemasaran di pasar MPV-nya, nanti kami akan cek,”ucapnya.

Namun Menteri Husin juga mengaku belum mendapatkan laporan dari pihak GM karena itulah dirinya akan meminta penjelasan resmi dari manajemen GM Indonesia.

Dok. CatatanLorcasz

“Baru ada pengumuman dari GM Amerika, tentunya kami akan mengecek dan meminta penjelasan resmi dari GM Indonesia terkait penutupan pabrik ini, termasuk bagaimana karyawannya akan dirumahkan atau bagiaman”ucapnya.

Sebagai informasi dan catatan yang dipunya, Pabrik yang berada di Pondok Ungu atau sekitar 16 kilometer di luar Jakarta ini selesai dibangun pada 27 Juli 2012 dengan memproduksi Chevrolet Spin dan varian kendaraan dengan platform yang sama.

Di pabrik ini delapan puluh persen dari total produksi pabrik ini ditujukan untuk pasar domestik, sementara 20 persen sisanya diperuntukkan bagi pasar ekspor.

Dok. CatatanLorcasz
Negara tujuan ekspor produk meliputi 5 pasar di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Filipina dan Afrika Selatan (2014).

Sejak bulan Mei 2013, pabrik ini mempekerjakan sekitar 700 orang, lebih dari 95 persen karyawan adalah orang Indonesia. Jumlah ini akan bertambah menjadi 800 orang ketika GM akan menambah shift produksi kedua pada pertengahan 2013.

Total sebanyak 42 produsen komponen otomotif lokal (Indonesia) telah memasok untuk pabrik GM di Bekasi.

Ketika itu, rencananya jumlah pemasok lokal akan ditambah menjadi 50 untuk memenuhi kebutuhan di Bekasi dan fasilitas GM lainnya. Sejumlah pemasok lokal saat ini telah memasok komponen ke GM Thailand.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz