Minggu, 15 Februari 2015

Komitmen Indonesia terhadap Meksiko

MEXICO CITY, - Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen dalam meningkatkan kerjasama bilateral dengan Mexico yang sudah terjalin sejak tahun 1953.

Hal ini disampaikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Meksiko, merangkap Belize, El Salvador, Guatemala dan Honduras, Yusra Khan ketika menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credential) kepada Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto (EPN) syang didampingi Menteri Luar Negeri, Jose Kuribena Meade.

Sebagaimana dilansir dari laman Kemlu RI,  penyerahan Surat-Surat Kepercayaan tersebut menandainya resminya Duta Besar Yusra Khan mewakili Republik Indonesia sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Meksiko Serikat, setelah sebelumnya dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 15 Oktober 2014 di Jakarta.

Setelah menyampaikan Surat-Surat Kepercayaan, Duta Besar RI mengadakan pembicaraan dengan Presiden EPN.

Pada kesempatan tersebut, Presiden EPN menyampaikan ucapan salam kepada Presiden RI, Joko Widodo.
KBRI Mexico City

Selain itu, Presiden EPN juga menyampaikan penghargaan atas keeratan dan peningkatan hubungan bilateral kedua negara yang selama ini dipandangnya telah berjalan dengan baik melalui program dan kerja sama yang lebih konkrit.

Dirinya juga menyambut baik partisipasi Indonesia dalam berbagai peluang yang ada terkait dengan program reformasi yang dilakukan Meksiko.

Kepada Duta Besar RI, Presiden EPN menerangkan bahwa kebijakan luar negeri Meksiko saat ini mengarah pada Asia dan peran aktif Meksiko dalam negosiasi di Trans Pacific Partnership dan Aliansi Pasifik.

Duta Besar RI menyampaikan salam hangat dari Presiden RI kepada Presiden EPN, serta apresiasi atas berbagai reformasi yang dilakukan oleh Presiden EPN sejak dilantik menjadi Presiden pada Desember 2012, khususnya pada reformasi bidang energi dan infrastruktur yang membuka peluang bagi investor asing.

Duta Besar RI juga meminta dukungan Presiden EPN dalam upaya konkrit Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral, khususnya dalam bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata serta akan akan mendorong partisipasi perusahaan Indonesia (Pertamina dan Wijaya Karya) dalam tender proyek konstruksi perminyakan di Meksiko.

Selain Duta Besar RI, upacara penyerahan surat-surat kepercayaan juga diikuti oleh 9 (sembilan) Duta Besar resident yaitu Swiss, Cheko, Vietnam, Hongaria, Yordania, Turki, Jepang, Bangladesh, dan Thailand serta 2 (dua) Duta Besar non-resident yaitu Barbados dan Granada.


Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz