Minggu, 15 Februari 2015

Anak Muda Indonesia Desak Jokowi Ratifikasi FCTC

Dok. Edelman
JAKARTA, - Sebagai bagian dari sasaran serta korban dari produk tembakau khususnya rokok, membuat beberapa kelompok anak muda meminta pemerintah terutama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk segera meratifik Konvensu Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau ((Framework Convention on Tobacco Control-FCTC) serta menolak RUU Pertembakauan.

Desakan ini disampaikan dalam bentuk deklarasi Indonesia Sehat Tanpa Rokok di Jakarta Minggu (15/2) disertai petisi.

Menurut Ricki Cahyana selaku perwakilan dari SFA mengatakan deklarasi yang dilakukan hari ini merupakan bentuk aksi nyata untuk mendorong agar pemerintah meratifikasi FCTC.

“Deklarasi yang kami lakukan hari ini merupakan bentuk aksi nyata untuk mendorong agar pemerintah meratifikasi FCTC karena nasib kesehatan generasi kita saat ini semakin buruk dengan ancaman rokok di depan mata. Kami menolak menjadi sasaran empuk penjualan yang telah menjadikan negara ini sebagai asbak dunia,”ucapnya

Sementara itu, menurut Andi Reza Atlit Tinju Amatir Nasional yang ikut serta dalam deklarasi ini mengatakan meminta dan menagih Presiden Joko Widodo untuk melindungi rakyatnya terutama anak-anak dari racun asap rokok yang membahayakan kesehatan dan menurunkan produktifitas mereka dikemudian hari karena diracuni oleh segelincir perokok.

Dok. Edelman
“Kami meminta dan menagih Presiden Joko Widodo untuk melindungi rakyatnya terutama anak-anak dari racun asap rokok yang membahayakan kesehatan dan menurunkan produktifitas mereka dikemudian hari karena diracuni oleh segelintir perokok,”ucapnya

Sebagai informasi komunitas dalam SFA ini antara lain, Good Lfe Society, Keren Tanpa Rokok, Indonesia Bebas Rokok dan Klub Jantung Sehat Remaja.

Dok. Edelman

Lebih dari 40,3 juta anak Indonesia berusia 0-­14 tahun menjadi perokok pasif karena mereka tinggal dengann perokok dan terpapar oleh asap rokok. Terlebih lagi, prevalensi usia perokok pemula 15-­19 tahun mencapai 20% (Riskesdas 2010).

Kasus terbaru yang tengah ramai adalah adanya gambar seorang ibu mengajari anaknya merokok yang ditakutkan menjadi contoh buruk bagi generasi muda lainnya.

Berminat ikut dalam petisi ini ?  Petisi yang dapat di akses melalui Change.org (www.change.org/DukungFCTC) dan di Kompak.co (http://www.kompak.co/fctc/) tersebut kini sudah mencapai lebih dari 2.000 pendukung.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz