Jumat, 24 April 2015

RI-Nepal Dorong Kerja Sama Capacity Building

JAKARTA, -  Presiden RI, Joko Widodo mendorong kerja sama capacity building di berbagai sektor terutama pertanian dan UKM dengan Nepal. 

Hal tersebut dibahas oleh Presiden RI dengan PM Sushil Koirala pada pertemuan bilateral yang dilaksanakan di sela-sela Pertemuan KAA 2015.

Pada kesempatan pertemuan, Presiden RI juga menegaskan bahwa kerja sama di bidang pariwisata antara kedua negara dapat terus dijajaki, mengingat pada 2012 tercatat sekitar 1500 orang Indonesia mengunjungi Nepal.  
  
Nepal juga berpotensi menjadi pasar produk industri strategis Indonesia, antara lain Panser dari PT PINDAD, termasuk pesawat dan helikopter produksi PT DI.

Sebagai informasi, Nepal, sebuah negara landlocked yang berbatasan dengan India, Tiongkok dan Bhutan memiliki potensi yang cukup besar dalam upaya peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

Selain membutuhkan dukungan capacity building di sektor-sektor tersebut, Nepal juga mendukung kerja sama kapasitas untuk penanggulangan bencana alam dan pelestarian lingkungan hidup.

Di bidang ekonomi, Nepal merupakan pasar non-tradisional Indonesia dan ekspor terbesar Indonesia adalah pupuk serta pelumas Pertamina, bahkan Nepal merupakan negara pengimpor ke-11 terbesar untuk minyak pelumas Pertamina.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz