Jumat, 24 April 2015

Perwakilan Negara 10 Terpidana Diundang Hadir

JAKARTA, - Jelang eksekusi terhadap sepuluh terpidana mati kasus narkotika membuat pihak Kejaksaan Agung RI mengirimkan undangan notfikasi kepada negara yang warganya akan menjalankan eksekusi.

Informasi yang beredar, pihak Kejaksaan Agung RI bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri mengundang para perwakilan negara para terpidana untuk hadir di Nusakambangan.

Berbeda dengan Saudi yang baru memberitahukan kepada warga negara ketika sudah dieksekusi, kali ini Indonesia mengikuti sesuai prosedur diplomatic dimana mengirimkan pemberitahuan tiga hari sebelum pelaksanaan yang hingga kini belum ketahuan kapan itu dilaksanakan.

PIhak Kejaksaan Agung sendiri saat ini sedang menungu hasil putusan Peninjauan Kembali (PK) terhadap terpidana mati Zainal Abidin.

Berdasarkan informasi yang beredar di Cilacap, Mary Jane menjadi terpidana terakhir yang masuk ke penjara paling menakutkan di negeri ini pada pukul 05.30 WIB dengan pengawalan ketat dari pasukan Brimob Polda DIY.

Mary Jane sendiri di Nusakambangan ditempatkan di LP Besi bersama dengan terpidana mati lainnya yang sudah dulu menghuni yaitu duo maut Bali Nine dari Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Sementara Serge Areski Atlaoui dari Prancis, Rodrigo Gularte (Brasil) dan Zainal Abidin warga Indonesia ditempatkan di LP Pasir Putih.

Kemudian, Silvester Obiekwe Nwaolise alias Mustofa, Okwudili Oyantanze keduanya dari Nigeria serta Martin Anderson alias Belo asal Ghana ditempatkan di LP Batu.

Soal waktu pelaksanaan hingga saat ini belum ada kepastian kapan kesepuluh ini berserah nyawa diujung peluru tajam eksekutor.

Namun kepastian akan dilaksanakan eksekusi ini disampaikan Kejaksaan Agung RI Prasetyo yang mengakan pelaksanaan itu akan digelar setelah peringatan Konferensi Asia Afrika.

Pemerintah sendiri telah sukses dan sempurna melakukan eksekusi terhadap enam terpidana mati dalam kasus narkotika mereka adalah warga Belanda Ang Kiem Soei, warga Malawi Namaona Denis, warga Brasil Marco Archer Cardoso Moreira, warga Nigeria Daniel Enemuo, warga Indonesia Rani Andriani, dan warga Vietnam Tran Thi Bich Hanh.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz