Kamis, 30 April 2015

Bantu #Pray4Nepal . PBB Butuh USD415 Juta

NEW YORK, - Maksud hati ingin membantu meringankan para korban gempa hebat Nepal namun apa daya dana tidak ada sehingga harus mengajukan permohonan .

Itulah yang dirasakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengajukan permohonan dana sekitar USD415 juta untuk mendukung pemerintah Nepal dalam menyediakan bantuan vital kepada para korban.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi, Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq mengatakan bahwa dana yang dibutuhkan itu akan disalurkan dalam rencana aksi gabungan untuk menangani kebutuhan paling mendesak selama tiga bulan ke depan.

Kebutuhan paling mendesak untuk tiga bulan ke depan menurut PBB adalah sanitasi air, kesehatan, makanan, perlindungan dan tempat mengungsi.

Kebutuhan ini pun terlontar setelah Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Rabu (29/4) waktu setempat berdiskusi dengan Perdana Menteri Nepal, Sushil Koirala melalui sambungan telepon.

“Tempat berlindungan darurat akan disediakan bagi 500,000 orang yang masih berada di tempat terbuka,”ucapnya.

Selain itu kebutuhan air minum aman dan fasilitas sanitasi sangat diperlukan untuk 4,2 juta orang yang terdampak dari gempa ini.

Perkiraan PBB terhadap gempa ini dengan dana yang diminta setidaknya 1,4 juta orang akan mendapatkan bantuan pangan serta 2,1 juta anak dan 525,000 perempuan mendapatkan bantuan perlindungan

Sebagai informasi, Nepal diguncang gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richter pada Sabtu (25/4) pukul 06.11 waktu setempat.

Setelah gempa 7,7 masih terdapat gempa dengan skala kecil di beberapa titik bahkan dirasakan di beberapa kota di India. Bangladesh bahkan gunung tertinggi di dunia, Everest pun merasakan kekuatan ini.

Gempa ini merupakan yang terburuk melanda Nepal sejak 80 tahun terakhir.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz