Jumat, 24 April 2015

Zimbabwe Dukung Pencalonan RI di Anggota Tidak Tetap DK PBB

JAKARTA, - Satu negara di Afrika, Zimbabwe mendukung pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe.

Sebagaimana informasi yang diberikan Direktorat Informasi dan Media Kemlu RI melalui email menjelaskan juga dalam pertemuan bilateral Indonesia - Zimbabwe, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kesediaan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe menjadi ketua bersama (co-chairs) dalam Pertemuan Puncak Konferensi Asia Afrika.

Pada pertemuan bilateral yang dilaksanakan di sela-sela Konferensi Asia Afrika di Jakarta, Presiden Joko Widodo juga menawarkan  Zimbabwe untuk memanfaatkan alat dan mesin pertanian Indonesia dalam pengembangan sektor pertanian Zimbabwe.

Presiden Jokowi, dalam diskusi juga menyatakan dukungan dalam program peningkatan kapasitas dengan Zimbabwe, khususnya di bidang pertanian dan pengembangan sumber daya manusia, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM),

Presiden Jokowi secara khusus juga memberikan apresiasi terhadap antusiasme pengusaha Zimbabwe yang berpartisipasi di Trade Expo Indonesia di beberapa tahun terakhir.

Sebagai informasi, Zimbabwe merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Afrika dan menjadi pasar non-tradisional yang potensial bagi Indonesia.

Terdapat sejumlah peluang pasar bagi produk ekspor Indonesia seperti peralatan pertanian, tekstil dan suku cadang kendaraan bermotor.

Sebelum Perteuan Bilateral Presiden RI dan Presiden Mugabe, Menlu kedua negara juga menandatangani Mou tentang Pembentukan Sidang Komisi Bersama antara kedua negara. MoU tersebut akan menjadi payung peningkatan kerja sama disemua bidang


Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/catatanLorcasz