Senin, 27 April 2015

#Pray4Nepal , 1 Juta Anak-anak Nepal Jadi Korban Gempa

KATHMANDU, - Setidaknya ada sekitar satu juta anak-anak di Nepal yang membutuhkan bantuan darurat segera pasca gempa bumi 7.9SR yang melanda negara itu.

Satu juta anak-anak Nepal ini sendiri tinggal dalam area yang terkena imbas dari gempa dan terancam munculnya sejumlah penyakit karena keterbatasan akses ke air bersih dan sanitasi yang layak.

Hal ini disampaikan Badan PBB bidang Anak-anak (UNICEF) dalam pernyataannya terkait dengan kondisi yang terjadi di Nepal pasca gempa hebat yang terjadi.

“Sedikitnya 940, 000 anak-anak tinggal di area yang terkena imbas gempa bumi di Nepal membutuhkan darurat kemanusiaan, keterbatasan akses ke air bersih dan sanitasi layak akan membuat anak-anak berisiko terkena penyakit,”ucapnya.

Terkait dengan peristiwa ini, UNICEF sedang mencoba memobilisasi staf dan pengiriman dua kargo dengan berat 120 ton pasokan kemanusian yang termasuk tenda darurat, selimut dan obat-obatan.

Sementara itu dari Nepal, Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Laxmi Prasad Dhakal mengatakan bahwa pihaknya saat ini membutuhkan banyak helicopter untuk operasi penyelamatan di kawasan pegununan serta bantuan darurat berupa makanan dan air bersih.

“Kami membutuhkan banyak helicopter untuk operasi penyelamatan di wilayah pegunungan, kami juga butuh banyak bantuan darurat seperti makanan dan air bersih untuk kebutuhan korban selamat,”ucapnya.

Sebagai informasi, Nepal diguncang gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richter pada Sabtu (25/4) pukul 06.11 waktu setempat.

Setelah gempa 7,7 masih terdapat gempa dengan skala kecil di beberapa titik bahkan dirasakan di beberapa kota di India. Bangladesh bahkan gunung tertinggi di dunia, Everest pun merasakan kekuatan ini.

Gempa ini merupakan yang terburuk melanda Nepal sejak 80 tahun terakhir.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz