Selasa, 28 April 2015

Regu Tembak Eksekusi Mati Tiba di Nusakambangan

CILACAP, - Tanda-tanda jelang pelaksanaan eksekusi terhadap terpidana mati sudah nampak jelas dimana tim regu tembak sudah mulai berada di wilayah sekitar eksekusi.

Informasi yang beredar di lokasi kejadian tim regu tembak yang terdiri dari Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Resort Purwokerto tiba di LP Nusakambangan pada pukul 16.00 WIB.

Para regu tembak yang berjumlah lebih dari 100 orang  ini menggunakan seragam dinas lapangan warna hitam serta mengenakan rompi bertulikan POLISI berwarna kuning.

Keberadaan tim regu tembak eksekusi mati sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian RI No 12 tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hukuman Mati dimana terdiri dari empat tingkatan pelaksanaan.

Dimulai persiapan yaitu adanya permintaan tertulis dari pihak Kejaksaan kepada Kepala Polisi Daerah (Kapolda) tempat dilaksanakan eksekusi.

Jika surat tersebut diterima kemudian diakomodasikan kepada Kepala Satuan Brimob untuk menyiapkan teknis pelaksanaan.

Untuk tim regu tembaknya sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu penembak dan pendukung yang semuanya harus dari Brigade Mobil (Brimob) Polri.

Dalam teknis eksekusi, satu tim regu tembak terdiri dari 14 anggota dengan satu orang komandan pelaksana berpangkat Inspektur Polisi (Letnan)

Kemudian satu orang komandan regu berpangkat Brigadir Kepala (Sersan Mayor) serta 12 orang penembak dengan pangkat antara Brigadir Polisi Dua (Sersan Satu) dan Brigadir Polisi Satu (Sersan Satu)



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz