Selasa, 28 April 2015

Omar Hassan al-Bashir Kembali Pimpin Sudan

KHARTOUM, - Omar Hassan al-Bashir kembali lagi menduduki posisi sebagai Presiden Sudan setelah memenangkan pemilu yang diumumkan pada Senin (27/4) waktu setempat.

Omar mendapatkan suara hamper sempur sekitar 94,05 persen, sementara partainya NCP berhasil mendapatkan 323 kursi parlemen dari 426 yang diperebutkan.

Sebagaimana dilansir dari media setempat, pengumuman kembalinya pemimpin berumur 71 tahun untuk mempertahankan jabatannya selama lebih dari 25 tahun ini yaitu Presiden Komisi Pemilihan Nasional Sudan, Mukhtar al-Asim.

Mukhtar al-Asim mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih hanya 46,4 persen jauh di atas perkiraan pengawas dari Uni Eropa yang memprediksi sekitar 30-35 persen.

Jauh sebelum pemilihan, pemerintah yang dipimpinnya penuh dengan kritik karena mengekang kebebesan media, organisasi public dan politik selain itu juga gagal menggelar dialog untuk mengakhir konflik.

Namun kritikan itu langsung dijawab oleh Presiden Omar dengan melihat hasil pemilu rakyat negaranya memberikan dunia pelajaran etika dan integritas.

“Dengan pemilu ini, rakyat Sudan memberi dunia pelajaran etika dan integritas. Kami tidak menerima pengawasan atau dikte dari negara lain. Sudan adalah negara bebas dan kami tidak menerima perintah negara lain,”ucapnya.

Presiden Omar Hassan al-Bashir sudah memimpin negara beribukota Khartoum ini sejak tahun 1989 ketika memimpin kudeta militer tidak berdarah dengan menggulingkan Perdana Menteri Sadiq al-Mahdi.

Ini adalah kemenangan keempat pemilihan presiden berturut-turut. Kerja Presiden Omar yang terselesaikan adalah meredakan konflik di kawasan Darfur yang masih panas sejak tahun 2003 dan militant di Blue Nile serta Selatan Kordofan yang berpisah dari negara tetangga mereka Sudan Selatan pada 2011.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz