Selasa, 17 Februari 2015

Korut Tidak Khawatir Diadukan ke ICC

NEW YORK, -  Pemerintah Korea Utara menyatakan tidak khawatir dengan ancaman akan mengadukan negara tersebut ke Mahkamah Pidana Internasional atau ICC terhadap kejahatan kemanusiaan.

Hal ini disampaikan Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Jang Il  Hun dalam jumpa pers di New York mengatakan bahwa negara bisa merespon setiap langkah dan tidak bersalah atas kejahatan apapun.

Istimewa
“Kami tidak khawatir sama sekali karena kami bisa merespon setiap langkah dan kami tidak bersalah atas kejahatan apapun. Kami benar-benar menolak dan tegas membantah semua klaim tersebut,”ucapnya.

Dubes Jang juga meminta Amerika Serikat untuk membatalkan sebuah konfrensi tentang hak asasi manusia di Kore Utara yang akan diselenggarakan Pusat Studi Internasional Strategis (CSIC) di pusat kota Washington pada Selasa (17/2)

“Kami juga menuntut jika konfrensi tetap dilanjutkan sesuai jadwal maka kami harus berpartisipasi sebagai pihak yang secara langsung berkaitan. Saya mengirimkan permintaan resmi kepada kontak saya di Departemen Luar Negeri dan ia menjawab bahwa itu bukan acara yang diselenggarakan pemerintah AS, jadi berarti permintaan kami ditolak.

Sementara itu menurut Departemen Luar Negeri AS acara yang dimaksud oleh Korea Utara adalah acara organisasi swasta bukan diselenggarakan pemerintah.

Acara ini sendiri menurut Victor Cha selaku Kepala CSIS program Korea mengatakan pertemuan tersebut terbuka untuk siapa pun namun sayangnya Diplomat Korea Utara di PBB harus memerlukan izin dari Deplu AS jika ingin bepergian keluar dari New York.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz