Selasa, 17 Februari 2015

Buat Pesawat Jet Jumbo, Tiongkok Jalin Kemitraan dengan Rusia

MOSKOW, - Dua negara besar Rusia dan Tiongkok akan mengembangkan kerjasama teknologi tinggi tinggi dalam membangun desain pesawat jet ukuran jumbo

Sebagaimana dilansir dari Popular Science, kerjasama ini akan dilakukan antara perusahaan Rusia, United Aircraft Corporation (UAC) dengan perusahaan penerbangan sipil Tiongkok, Commercial Aircraft Corporation (COMAC)

Ilustrasi - Istimewa
Namun pemberian nama atas pesawat ini belum ada, hanya Tiongkok menyebutnya C929 dengan desain perkiraan dapat menampung sekitar 250 hingga 280 penumpang dalam tiga kelas.

Menurut Presiden UAC, Yuri Slyusar mengatakan bahwa presiden C929 ini akan memakan biaya sekitar USD13 miliyar dengan harapan bisa melakukan penerbangan pertamanya sekitar tahun 2021 atau 2022.

Sedangkan menurut Menteri Perdagangan dan Industri Rusia, Denis Manturov bahwa para insinyur Rusia dan Tiongkok akan mengembangkan cetak biru serta membangun purwarupa pesawat tersebut pada tahun 2016 dan 2018.

Dengan melihat kapasitas yang diperkirakan, pesawat C929 ini akan memiliki bobot yang sama dengan Boeing 787 atau Airbus 350.

Untuk mesin penggerak pesawat ini pun kemungkinan akan menggunakan produk dari perusahaan lain antarai lain Pratt & Whitney, General Electric atau Roll Royce untuk mengurangi biaya.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz