Senin, 16 Februari 2015

Finlandia Kembangkan Jaringan 5G

HELSINKI, - Disaat Indonesia masih dalam tahap percobaan layanan 4G LTE, sebuah negara di Eropa justu saat ini sedang mencoba mengembangkan jaringan 5G.

Adalah Finlandia yang sedang mengembangkan jaringan internet mobile generasi kelima (5G) melalui dua lembaga yaitu VTT Technical Research Centre of Finland dan University of Oulu yang sepakat menjalin kemitraan.

Ilustrasi - Istimewa
Dalam kerjasama ini VTT akan membangun sektiar jaringan 5G terbatas dan Universitas of Oulu membangung jaringan serupa untuk publik.

Sebagaimana dilansir dari Xinhua, Atso Hekkala selaku manajer proyek dari VTT mengatakan dalam uji jaringan ini pihaknya akan mengembangkan teknologi baru untuk tujuan penelitian.

“Dalam uji jaringan, kita akan mengembangkan teknologi baru, dan membangun lingkungan tes 5G untuk tujuan penelitian berdasarkan teknologi. Hal ini memungkinkan kerjasama jangka panjang antara berbagai pelaku di ekosistem komunikasi nirkabel,”ucapnya.

Jaringan 5G ini sendiri bisa memberi kecepatan lebih tinggi dan lebih efisien dalam hal spectrum frekuensi dibandingkan sebelumnya lewat 4G

Jaringan 5G ini sendiri akan sepenuhnya bisa digunakan pada tahun 2020 mendatang.

Selain Finlandia, sejumlah negara pun mencoba mengembangkan jaringan terbaru 5G ini seperti Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat hingga Tiongkok termasuk dalam mencari sejauh mana layanan ini bisa dimanfaatkan para penggunanya dengan nyaman

Salah satu yang dipikirkan dalam pengembangan 5G ini adalah kecepatan serta efisiensi terutama konsumsi energy ketika digunakan.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz