Jumat, 13 Februari 2015

Wakil Menlu Korea Utara kunjungi Indonesia

JAKARTA, - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK), Ri Kil Song melakukan kunjungan ke Indonesia pada tanggal 12 – 15 Februari 2015.

Sebagaimana informasi yang didapat dari Direktorat Informasi dan Media Kemlu melalui email menjelaskan maksud dari kunjungan adalah untuk lebih mempererat hubungan persahabatan RI – RDRK yang sudah terjalin sejak lama.

Selama di Indonesia, Wakil Menteri Luar Negeri RDRK telah melakukan pertemuan dengan pejabat-pejabat di Kementerian Luar Negeri dan juga kunjungan kehormatan kepada Wakil Menteri Luar Negeri RI. 

Pertemuan membicarakan upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral kedua Negara, diantaranya melalui perayaan bunga Kimilsungia yang ke-50 tahun pada tahun 2015.

Bunga Kimilsungia adalah bunga anggrek tanda persahabatan RI dan RDRK yang dihadiahkan oleh Presiden Sukarno kepada Presiden Kim Il Sung pada tahun 1965.

Dok. Kemlu RI


Pertemuan juga membicarakan pentingnya peningkatan hubungan ekonomi perdagangan. Di bidang perdagangan, volume perdagangan RI-RDRK tercatat US$ 62 juta pada tahun 2012, namun volume tersebut cenderung menurun.

Pada periode Januari - Oktober 2014 volume perdagangan tercatat US$ 2,8 juta (turun 82,24% dibanding periode yang sama tahun 2013).

Terkait hal tersebut, rencana kunjungan tim ekonomi RI ke RDRK dan sebaliknya diharapkan mampu meningkatkan volume perdagangan kedua Negara.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Indonesia juga menyampaikan harapan agar Pimpinan RDRK dapat berpartisipasi dalam perayaan ke-60 tahun Konferensi Asia Afrika tanggal 22-24 April 2015.

Selama di Jakarta, Wakil Menteri Luar Negeri Song juga berkesempatan melakukan kunjungan  ke Monumen Nasional dan Museum Fatahillah.

Kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri RDRK ke Jakarta diharapkan dapat lebih meningkatkan hubungan bilateral RI RDRK dimasa mendatang.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz