Sabtu, 14 Februari 2015

PBB Sepakati Kerangka Kesepakatan Iklim Global

JENEWA, - Walau masih 10 bulan jelang pertemuan internasional tentang perubahan iklim yang akan berlangsung di Paris, sejumlah pakar berkumpul untuk membentuk sebuah kesepakatan yang nantinya dirumuskan dalam pertemuan tersebut.

Kesepakatan ini bisa dilihat wakil dari hampir 200 negara yang mengakhiri rapat selama enam hari di Jenewa, Swis yang termuat dalam dokumen setebal 86 halaman.


UN Photo/Jean-Marc Ferré
Menurut Kepala Kerangka Konvensi PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCC), Christianan Figures yang mengatakan semua negara terlah mengetahui sepenuhnya posisi masing-masing pihak dan tidak ada satupun negara ingin tertinggal dalam perjanjian yang akan mempengaruhi masa depan mereka.

Dalam forum ini, para ilmuwan memperingatkan perubahan iklim bisa mengakibatkan lebih banyak banjir besar, mengganggu air bersih dan pola pertanian serta mempercepat penyebaran penyakit.

Apa yang dikatakan para ilmuwan ini ada benarnya dimana sebelumnya hanya negara maju yang bersedia membatasi emsi gas rumah kaca terumatama karbondioksida dari minyak, gas dan batu bara.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz