Minggu, 15 Februari 2015

Film Iran Menangi Festival Film Berlin

BERLIN, - Film karya sineas yang juga tokoh pembangkang Iran, Jafar Pahani meraih juara utama dalam Festinal Film Berlin, Jerman.
Istimewa

Film yang berjudul TAXI ini merupakan karya ketiga Jafar Panahi sejak dikenai larangan membuat film oleh otoritas Iran sejak tahun 2010 lalu.

Alasan film asal Iran ini menang dalam festival yang sudah ke-65 digelar ini menurut Sutradara Amerika Serikat, Darren Aronofsky mengatakan bahwa keterbatasan acapkali menginspirasi pembuat film untuk menjadi pendongeng yang baik.

“Keterbatasan acapkali menginspirasi pembuat film untuk menjadi pendongeng yang baik tapi terkadang keterbatasan itu bisa begitu menyesakkan dan dapat menghancurkan karyanya serta sering merusak jiwa sang seniman. Tapi alih-alih hancur dan menyerah dan tidak membiarkan dirinya dipenuhi kemarahan dan frustasi Jafar Panahi justru seperti menulis surat cinta kepada penonton bioskop. Filmnya penuh dengan kecintaannya untuk seni, masyarakat negara dan para penontonnya,”ucapnya,

Ketika diumumkan, Jafar tidak hadir dan diwakilkan oleh sang keponakan Hana Saeidi yang ikut juga bermain dalam film ini.

twitter.com/berlinale
Dirinya pun menangis tidak bisa berkata-kata ketika didaulat untuk menerima penghargaan bergengsi berupa patung Beruang Emas tersebut.

“Saya tidak bisa berkata apa-apa, “ucapnya

Fim Taxi ini sendiri bercerita tentang suasana ibu kota Iran, Teheran melalui sudut pandangan sang supir taksi.

Untuk melakukan kegiatan syuting, Jafat menggunakan kamera khusus untuk menghindari pengawasan pemerintah Iran.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz