BEIJING,
- Produsen ponsel ternama Tiongkok, Huawei merilis pada tahun ini pihakya telah
menjual sekitar 20 juta unit Huawei Honor ke pasar dengan harga rendah.
Informasi
yang beredar adalah angka penjualan ponsel pintar ini jauh lebih tinggi
dibandingkan pada tahun lalu dimana produsen ponsel pintar ini hanya mampu
menjual 1 juta unit pada akhir 2013.
Usut
punya usut dibalik meningkatnya penjualan tidak lepas dari meniru strategis
yang diciptakan kompetitor mereka, Xiaomi
Cara
yang diikuti Huawei dari Xiaomi adalah penjualan melalui laman komersil online
di kawasan Tiongkok dan beberapa negara lain yang sistem pemasarannya mudah.
Hal
ini disampaikan Presiden Huawei Honor, Jeff Liu yang mengatakan bahwa E-commerce
merubah cara tradisional industri ponsel pintar dan harus mengikuti arah kemana
perkembangan itu berjalan.
“E-commerce
merubah cara tradisional industri ponsel pintar dan kita harus mengikuti arah
ke mana perkembangan ini berjalan,”ucapnya.
Strategi
yang diambil Huawei ini didasari dengan perkembangan penjualan ponsel Xiaomi
yang sangat fantastis dimana pada bulan Juli hingga September, Xiaomi berhasil
menjual produknya sekitar 15,8 juta perangkat dimana ini sangat jauh jika
dibandingkan pada periode 2013 merek dagang ini berhasil menjual 3,6 juta unit.
Untuk
Huawei sendiri dalam hal penjualan
produknya di tahun 2013 berhasil menjual sekitar 11,7 juta unit ponsel pintar.
Namun
apa yang dilakukan Huawei menurut sejumlah analis mengatakan strategi ini merupakan antisipasi bagian dari perang harga, karena
di Tiongkok perolehan keuntungan yang sangat tipis merupakan hal yang lazim
terjadi.
Kontak
Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/Lorcasz