Jumat, 02 Januari 2015

Faktor Xiaomi, Penjualan Huawei Melonjak

BEIJING, - Produsen ponsel ternama Tiongkok, Huawei merilis pada tahun ini pihakya telah menjual sekitar 20 juta unit Huawei Honor ke pasar dengan harga rendah.

Informasi yang beredar adalah angka penjualan ponsel pintar ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada tahun lalu dimana produsen ponsel pintar ini hanya mampu menjual 1 juta unit pada akhir 2013.


Usut punya usut dibalik meningkatnya penjualan tidak lepas dari meniru strategis yang diciptakan kompetitor mereka, Xiaomi

Cara yang diikuti Huawei dari Xiaomi adalah penjualan melalui laman komersil online di kawasan Tiongkok dan beberapa negara lain yang sistem pemasarannya mudah.

Hal ini disampaikan Presiden Huawei Honor, Jeff Liu yang mengatakan bahwa E-commerce merubah cara tradisional industri ponsel pintar dan harus mengikuti arah kemana perkembangan itu berjalan.

“E-commerce merubah cara tradisional industri ponsel pintar dan kita harus mengikuti arah ke mana perkembangan ini berjalan,”ucapnya.

Strategi yang diambil Huawei ini didasari dengan perkembangan penjualan ponsel Xiaomi yang sangat fantastis dimana pada bulan Juli hingga September, Xiaomi berhasil menjual produknya sekitar 15,8 juta perangkat dimana ini sangat jauh jika dibandingkan pada periode 2013 merek dagang ini berhasil menjual 3,6 juta unit.

Untuk Huawei sendiri dalam  hal penjualan produknya di tahun 2013 berhasil menjual sekitar 11,7 juta unit ponsel pintar.

Namun apa yang dilakukan Huawei menurut sejumlah analis mengatakan strategi ini merupakan  antisipasi bagian dari perang harga, karena di Tiongkok perolehan keuntungan yang sangat tipis merupakan hal yang lazim terjadi.


Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/Lorcasz