TOKYO, - Ada yang menarik
ketika kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jepang terutama saat bertemu dengan
1,200 pemimpin perusahaan dengan mempresentasikan peluang investasi mereka di
Tanah Air dengan cara khasnya up close and personal.
Gaya Jokowi yang up close
and personal menjadi daya sendiri bagi media negeri Sakura tersebut melihat
mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
Sebagaimana dilansir dari
Nikkei dalam laporannya mengatakan cara Presiden meyakinkan para pelaku bisnis
Jepang dalam proyek total berbanderol USD418 miliar atau sekitar Rp5,420 trilun
mengingatkan pada sosok pendiri Apple mendiang Steve Jobs.
“Widodo dengan cepat
meninggalkan podium dan menghabiskan sisa waktu pidato 20 menitnya dengan
menyusuri panggung seperti (mendiang pendiri Apple) Steve Jobs dan acapkali
berhenti untuk menanggapi pengunjung dengan caranya yang halus,”demikian tulis
Nikkei.
Tidak hanya Nikkei yang
menuliskan sosok dari Jokowi tetapi juga Ketua Kamar Dagang dan Industri
Jepang, Akio Mimura pun memuji cara presentasi mantan Walikota Solo tersebut.
“Cara dia menjelaskan
semuanya dengan slides dan mikrofon di tangan adalah hal yang luar biasa untuk
seorang kepala negara,”ucapnya.
Apa yang dilakukan Jokowi
untuk meyakinkan para pelaku usaha Jepang untuk mengembangkan bisnisnya di
Indonesia mendapatkan tepuk tangan yang luar biasa.
Kontak Blog >
ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz