Senin, 16 Maret 2015

Wamenlu Venezuela Puji ASEAN

JAKARTA, - Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela untuk Asia, Timur Tengah dan Oseania, Xoan Pablo Noya Alarcon memuji keberadaan ASEAN dan ingin menjalin kerjasama dengan regional tersebut.

Hal ini disampaikan Wamenlu Xoan Noya dalam kunjungannya ke kantor Sekretariat ASEAN yang diterima oleh Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Ekonomi, Dr Lim Hing Hin.

Sebagaimana informasi yang diterima dari bagian Informasi Kantor Sekretariat ASEAN melalui email mengatakan dalam pertemuan tersebut Wamenlu Noya memuji apa yang dilakukan ASEAN dalam memperluas serta memperdalam integrase regional dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakatnya.

Selain itu Wamenlu Noya pun berminat mendorong kerjasama antara Venezuela dengan ASAN dalam lintas bidang termasuk diantaranya perdagangan dan investasi.

Kerjasama tersebut menurut Wamenlu Noya dapat diaplikasikan melalui mekanisme yang sudah ada seperti pada Forum For East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) atau Komunitas Amerika Latin dan Karibia (CELAC) dan ASEAN-MERCOSUR.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekjend Lim mengapresiasikan usulan tersebut dan akan menyampaikan kepada Sekjen ASEAN.

Selain itu Wakil Sekjend Lim juga menjelaskan kepada Wamenlu Noya tentang kemajuan dan tantangan yang dihadapi ASEAN dalam menciptakan pasar tunggal dan produksi menuju pasar bebas yang kemungkinan bisa dijalin antara ASEAN dengan Venezuela.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz