Selasa, 31 Maret 2015

Optimalkan Kerja Sama Bilateral RI-Filipina

JAKARTA, - Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir, menyambut baik hubungan RI – Filipina yang semakin kokoh.

Wamenlu juga berharap kedua negara dapat mengoptimalkan mekanisme kerja sama bilateral yang telah ada sehingga dapat memberikan manfaat yang semakin dirasakan oleh rakyat kedua negara.

Kunjungan Presiden RI ke Filipina pada tanggal 8 – 9 Februari 2015 lalu, sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kenegaraan perdana ke luar negeri, merupakan bukti bahwa Filipina merupakan mitra penting bagi Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu RI, pernyataan ini disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri RI saat menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar Filipina untuk Indonesia yang baru, Maria Lumen B. Isletta (31/3).

Duta Besar Filipina sendiri telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden RI pada tanggal 19 Maret 2015 di Istana Negara

Wakil Menteri Luar Negeri RI dalam kesempatan tersebut juga secara khusus mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara terutama di sektor infrastruktur dan pengembangan konektivitas.

Tercatat total perdagangan kedua negara pada tahun 2014 mencapai USD 4.59 milyar dan menunjukkan tren positif dalam empat tahun terakhir.

Dalam pertemuan ini, Wakil Menteri Luar Negeri RI menggarisbawahi bahwa selain upaya-upaya untuk terus memperluas area kerja sama, penting bagi kedua negara untuk menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang ada, termasuk hasil-hasil kunjungan Presiden RI ke Manila bulan Februari 2015 lalu.

Sementara itu, Duta Besar Maria Lumen B. Isletta menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang baik dari Pemerintah RI.

Selanjutnya Duta Besar Isletta menyampaikan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Kemlu dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia guna lebih mendorong implementasi kesepakatan yang ada dan peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz