Selasa, 31 Maret 2015

Kemlu Jalin Kemitraan dengan Universitas Terbuka

JAKARTA, - Kementerian Luar Negeri RI menjalin kemitraan dalam rangka kesepahaman bersama (MoU) dengan Universitas Terbuka.

Sebagaimana dilansir dari laman Kemlu RI, kerja sama ini ditandangani oleh Direktur Informasi, Dubes Esti Andayani dengan Rektor UT, Prof Ir Tian Belawati, M.Ed di Kampus Universitas Terbuka.

Dalam sambutannya, Dubes Esti mengatakan bahwa kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik bagi TKI di luar negeri merupakan bagian dari penguatan kemampuan individu.

“Kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik bagi TKI di luar negeri merupakan bagian dari penguatan kemampuan individu. Pendidikan juga akan meningkatkan kemampuan untuk melindungi diri bagi para TKI, karena pendidikan memungkinkan TKI untuk lebih mengerti hak dan kewajiban mereka sehari – hari.” ucapnya

Dubes Esti juga menyampaikan bahwa lembaga pendidikan asing yang ingin mengetahui lebih jauh pola pendidikan UT Indonesia dapat dikembangkan dalam rangka kerja sama teknik.

Nota Kesepahaman antara Kemlu-UT tersebut menjadi dasar bagi upaya reach out untuk meningkatkan pelayanan bagi WNI di luar negeri melalui berbagai kreativitas.

Upaya reach out tersebut telah mulai dilaksanakan dalam rangka perlindungan WNI dan fasilitasi infrastruktur pendidikan bagi WNI di luar negeri melalui kerja sama dengan berbagai instansi terkait di Indonesia maupun negara akreditasi.

Sementara itu, Rektor UT Prof.Ir. Tian Belawati, M.Ed, menyampaikan bahwa perpanjangan MoU tersebut merupakan salah satu upaya penting Pemerintah untuk menyediakan fasilitasi pendidikan kepada WNI di luar negeri, termasuk TKI agar mereka terbantu dalam meningkatkan mutu, kapasitas, dan daya saingnya.

Dengan kekuatan karakter sistem Pendidikan Jarak Jauh-nya, layanan pendidikan yang disediakan UT dapat menguntungkan TKI di luar negeri karena mereka dapat kuliah dengan biaya yang sangat terjangkau, tanpa mengganggu jadwal dan kesibukan mereka bekerja, serta tidak khawatir terputus kuliah karena setelah selesai masa kontrak kerja TKI di luar negeri, Mereka dapat melanjutkan kuliah di Indonesia bahkan di bawah koordinasi Kantor Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka yang terdekat dengan domisilinya.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan bersamaan dengan acara Talk Show bertema “Penguatan daya Saing Tenaga Kerja di Luar Negeri melalui Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak jauh” dan bersamaan dengan kegiatan wisuda mahasiswa UT yang diikuti pula oleh beberapa lulusan UT yang tinggal di luar negeri.

Talk Show yang dihadiri oleh sekitar 2.000 mahasiswa dari berbagai universitas tersebut menghadirkan panelis Dubes Esti Andayani, Rektor UT Prof.Ir. Tian Belawati, M.Ed, Sekjen Kementerian Tenaga Kerja, serta dihadiri pula oleh Ibu Linda Amalia Sari Gumelar selaku Ketua Ikatan Alumni UT. 

Talk Show menghadirkan pula wisudawati yang menyelesaikan pendidikan sarjana selama 5 (lima) tahun selama bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga di Singapura.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz