Sabtu, 28 Maret 2015

Dubes RI Serahkan Kredensial Kepada Presiden Suriname

PARAMARIBO, - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Drs. Dominicus Supratikto menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credential) kepada Presiden Republik Suriname, Desire Delano Bouterse.

Sebagaimana dilansir dari laman Kemlu RI, penyerahan kredensial ini bertempat di Kantor Kabinet Kepresidenan Suriname.

Sebelum penyerahan Surat-surat Kepercayaan tersebut, Dubes RI disambut dengan upacara kemiliteran dan diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Pasukan Kehormatan Militer Suriname, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan bersama dengan Komandan Militer Kepresidenan.

Setelah penyerahan Surat-surat kepercayaan, dilakukan pertemuan “tête-à-tête” antara Presiden Suriname dan Dubes RI Paramaribo.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Bouterse didampingi oleh Menlu Winston Lackin dan Dubes Liakat A.E. Alibux, Dubes Suriname untuk Turki yang merangkap sebagai penasehat negara urusan politik.

Sementara itu, Dubes Supratikto didampingi oleh PF. Ekonomi dan PF. Politik merangkap Protokol dan konsuler.

Dalam pertemuan “tête-à-tête” tersebut, Dubes Supratikto menyampaikan harapan dari Presiden dan Rakyat Indonesia agar Presiden dan Rakyat Suriname selalu diberi kesehatan dan kemakmuran.

Disamping itu menyampaikan upaya-upaya peningkatan hubungan dan kerjasama kedua negara, khususnya dalam hal diplomasi ekonomi yang telah menjadi amanah khusus dari Presiden Joko Widodo.

Dubes Supratikto juga menyampaikan upaya peningkatan kerjasama kedua negara antara lain melalui rencana pengaturan Co-Share antara maskapai nasional kedua negara (Garuda Indonesia dan SLM).

Selain itu juga disampaikan upaya peningkatan kerjasama melalui Kerjasama Selatan-Selatan, khususnya dalam kerangka IDB (Islamic Development Bank) mengingat kedua negara merupakan anggota dari IDB tersebut.

Kedua upaya peningkatan hubungan telah mulai dijajaki dan telah mendapatkan tanggapan positif dari berbagai counterpart, baik dari Indonesia maupun Suriname.

Dalam tanggapannya, Presiden Bouterse pertama-tama menyampaikan penghargaannya atas keseriusan Indonesia dalam menjaga hubungan baik kedua negara yang tercermin dari segera diisinya posisi Dubes RI yang baru menggantikan Dubes RI yang sebelumnya.

Suriname juga sangat menghargai bahwa Indonesia sudah banyak memberikan dukungan melalui proyek-proyek bantuan dalam kerangka Kerjasama Selatan-Selatan.

Disamping itu, Presiden Bouterse juga menyambut baik upaya peningkatan hubungan yang tengah dilakukan terkait rencana pengaturan Co-Share maskapai nasional karena dinilai akan membantu membuka posisi Suriname yang cukup terisolasi dari sisi jalur penerbangan.

Disamping itu, Suriname juga tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai pengaturan visa agar dapat lebih membuka akses bagi warga Indonesia ke Suriname, mengingat cukup banyaknya warga Suriname yang merupakan keturunan Indonesia.

Presiden Bouterse juga sangat mengharapkan peningkatan kerjasama kedua negara di bidang lingkungan, termasuk penawaran training dari Indonesia terkait masalah kehutanan, mengingat Indonesia juga memiliki tropical rainforest yang sangat luas dan merupakan anggota dari Forest Eleven (F-11).

Lebih lanjut, Suriname juga sangat tertarik untuk belajar dari Indonesia mengenai kebijakan di bidang program sosial, khususnya terhadap pemberdayaan kelompok masyarakat disabilitas (handicap).

Pada kesempatan tersebut Presiden Bouterse menjelaskan mengenai keberadaan masyarakat keturunan Jawa yang hidup berdampingan bersama dengan masyarakat keturunan lainnya seperti dari China dan India di Suriname, dan akhirnya Presiden Bouterse juga menyampaikan salam hangat kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh Rakyat Indonesia.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz