Jumat, 27 Maret 2015

Wamenlu Bicara Soal Diplomasi Ekonomi di DPD RI

JAKARTA, - Kemlu RI akan terus bekerja keras dalam perkuat diplomasi ekonomi agar bisa berkontribusi terhadap pemberantasan kemiskinan.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir ketika berbicara di hadapan Pimpinan dan Anggota DPD, Kepala Daerah dan Duta Besar negara Asing dalam acara Diplomatic Gathering yang digelar oleh DPD di Jakarta.

 “Kementerian Luar Negeri akan terus bekerja keras dalam memperkuat fungsi diplomasi ekonomi agar dapat berkontribusi terhadap pemberantasan kemiskinan serta meningkatkan standar pendidikan dan kesehatan bagi rakyat Indonesia,”ucap Wamenlu Fachir.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Direktorat Informasi dan Media Kemlu RI melalui email mengatakan Wamenlu RI juga menyampaikan bahwa kedepannya diplomasi ekonomi akan lebih difokuskan untuk memiliki deliverables yang riil sehingga dampaknya dapat langsung dirasakan oleh rakyat, bukan hanya sekedar perjanjian seremonial tanpa follow-up.

Wamenlu juga berpesan agar kegiatan diplomatic gathering ini dapat terus dilakukan untuk mendorong total diplomacy, dimana stakeholders dari berbagai komponen masyarakat dapat melakukan diplomasi guna mendorong pembangunan dan memajukan perekonomian bangsa Indonesia.

Berbicara mengenai investasi di Indonesia, Wamenlu RI  menyampaikan pesan kepada para Duta Besar Asing yang hadir dengan memberikan analogi layaknya Rumah Makan Padang: “Jika puas, kabarkan ke orang lain. Jika tidak puas, kabarkan kepada kami”.

Prinsip ini merupakan promosi tulus dari mulut ke mulut dan sebagai masukan untuk perbaikan kualitas dalam kinerja pemerintahan.   

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD RI tersebut membahas mengenai promosi trade, tourism and investment (TTI) dan bertujuan untuk membuka networking antara Pemimpin Daerah dan para Duta Besar negara sahabat.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz