Jumat, 27 Maret 2015

Kemkominfo Kunjungi Kinibalu

KINIBALU, - Delegasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia telah melakukan kunjungan kerja ke Kota Kinabalu Sabah Malaysia.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Deni Sugandi selaku Sekretariat Konsul Jenderal RI Kota Kinibalu melalui email menjelaskan delegasi yang dipimpin oleh Direktur Layanan Informasi Internasional, Selamatta Sembiring, terdiri dari perwakilan dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari wilayah Jawa Barat, Bangka Selatan, Keerom Papua, Jawa Barat, Surabaya dan Pekalongan.

Selama empat hari di Kota Kinabalu, Delegasi Indonesia akan mengadakan pembicaraan dengan Delegasi Malaysia dan Brunei Darussalam dalam Forum Kerjasama Penerangan Indonesia ketiga negara serta melakukan kunjungan banding ke berbagai kelompok KIM yang berada di wilayah Sabah.

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia untuk Kota Kinabalu Sabah, Akhmad DH. Irfan, mendukung sepenuhnya kegiatan ini yang telah berjalan selama 15 tahun sejak tahun 1999. Konjen Irfan mengatakan dengan adanya kunjungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk bertukar pengalaman antara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Kunjungan Delegasi ini kiranya dapat dimanfaatkan untuk bertukar-tukar pengalaman antara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam dalam mengendalikan KIM masing-masing serta meningkatkan hubungan silaturahim antara rakyat ketiga negara,”ucapnya

Konjen Irfan dan Delegasi Indonesia dalam sesi dialog khusus ketiga negara telah mengajukan permasalahan mengenai peranan media sosial seperti facebook dan twitter dalam penyebaran informasi masyarakat.

Ketiga Negara mengakui bahwa Media Sosial sebagai jurnalisme warga telah menjadi trend dunia. Ketiga negara tidak menolak partisipasi aktif masyakarat dari berbagai tingkatan dalam diseminasi informasi atau berita secara cepat jika dilakukan dengan baik, akurat dan bertanggung jawab.

Kunjungan kerja delegasi Indonesia dan Brunei Darussalam disambut hangat  oleh Jawatan Penerangan Sabah Malaysia.

Selain mengadakan pembicaraan khusus mengenai berbagai hal di bidang penerangan, Delegasi Indonesia dan Brunei di jamu makan malam oleh Jawatan Penerangan Sabah Malaysia.

Dalam sambutan selamat datangnya, Yunus bin Haji Saprin, Timbalan Pengarah, menyatakan bahwa hubungan antara Pemerintah Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam yang telah terjalin selama ini perlu ditingkatkan pada kelompok masyarakat seperti antara KIM Indonesia dan Komuniti Satu Malaysia (KIM Malaysia) maupun Majlis Perundingan Mukim dan Kampung Brunei Darussalam.

Disampaikan oleh Beliau bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia telah menjadi tuan rumah pada kegiatan yang sama pada tahun 2012 dan saat ini kembali giliran Malaysia cq. Jawatan Penerangan Sabah Malaysia menjadi tuan rumah dan ingin membalas kebaikan dan keramahtamahan Indonesia pada waktu itu.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz