Sabtu, 28 Maret 2015

Kapolda NTT Terima Medali dari Timor Leste

DILI, -  Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen (Pol) Drs. Endang Sunjaya, menerima bintang penghargaan Medalia Merito de Seguransa Publico dari Timor-Leste.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu RI, Kapolda Endang menerima medali ini atas upayanya dalam memajukan kerja sama antara Kepolisian Nasional Timor-Leste (PNTL) dengan Kepolisian Daerah NTT.

Penyerahan bintang penghargaan tersebut disampaikan pada upacara HUT ke-15 PNTL di Dili (27/3). Pada kesempatan tersebut dua perwira Polri lainnya yakni Atase Polri pada KBRI Dili, Kombes (Pol) I Made Cakra dan Mantan Atase Polri pada KBRI Dili (2004 - 2007), Kombes (Pol) Purn. Minton Mariati telah pula menerima bintang penghargaan yang sama.

Pemberian penghargaan Medalia Merito de Seguransa Publico kepada Kapolda NTT dan dua perwira Polri termaksud merupakan wujud terus meningkatnya kerjasama antara Polri dan PNTL

Dalam kerangka MoU kerjasama antara Polri dan PNTL yang ditandatangani pada tanggal 29 Juli 2009 dan diperpanjang 13 Desember 2012 , upaya kerjasama direalisasikan melalui bantuan peningkatan kapasitas oleh Polri berupa berbagai macam bentuk pelatihan dan pendidikan bagi anggota PNTL, serta kerjasama dalam pencegahan dan penanganan kejahatan lintas negara.

Sebagai negara yang wilayahnya berbatasan langsung baik di darat maupun laut, kerjasama dua lembaga kepolisian tersebut menjadi sangat penting dalam menanggapi indikasi berkembangnya kejahatan lintas negara, termasuk perdagangan narkotika penyelundupan, dan perdagangan terlarang lainnya.

Upacara HUT ke-15 PNTL dihadiri pula oleh Ketua Parlemen TL, Perdana Menteri TL, para Menteri Kabinet dan Pimpinan Lembaga tinggi TL, serta korps diplomatik termasuk Dubes RI di Dili. 

Dalam Upacara tersebut telah pula dilantik Komandan Jenderal (Kepala) PNTL yang baru Komisaris Julio Hornai, serta Wakil Kepala PNTL yang baru Komisaris Faustino Da Costa.




Kontak Blog > ervanca@gmai.com

Twitter.com/CatatanLorcasz