Selasa, 31 Maret 2015

Kemlu Jalin Kemitraan dengan Kementerian PA-RB

JAKARTA, -  Kementerian Luar Negeri melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) tahun 2015 dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan efektif, transparan dan akuntabel.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu, penandatanganan ini berlangsung di Gedung Pancasila, Pejambon, Jakarta Pusat.

Penandatanganan dilaksanakan serentak oleh Menteri Luar Negeri, Kepala Perwakilan RI untuk PTRI ASEAN dan Kepala Perwakilan RI untuk Republik Kepulauan Fiji sebagai perwakilan dari 132 Perwakilan RI, seluruh Eselon I dan II dengan disaksikan langsung oleh Menteri PAN- RB (30/3)

Dalam sambutannya Menteri Luar Negeri menyampaikan bahwa penandatanganan Perjanjian Kinerja merupakan komitmen Kementerian Luar Negeri dalam mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.

Menteri Luar Negeri kembali menyampaikan Visi Kementerian Luar Negeri Tahun 2015 - 2019, “Terwujudnya Wibawa Diplomasi guna Memperkuat Jati Diri Bangsa sebagai Negara Maritim untuk Kepentingan Rakyat” dengan tekad “Diplomasi untuk Rakyat, Diplomasi Membumi” dalam arti kinerja Kementerian Luar Negeri tidak akan memiliki jarak dengan rakyat serta dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh rakyat.

Hal ini yang mendorong Kementerian Luar Negeri berkomitmen secara penuh melakukan percepatan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Luar Negeri serta mewujudkan target kinerja yang telah ditetapkan.

Menteri Luar Negeri mengamanahkan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan pengawalan terhadap Perjanjian Kinerja Menteri Luar Negeri dengan memastikan pencapaian target kinerja dan diterjemahkan pada setiap dokumen kinerja Eselon I, Eselon II, dan Kepala Perwakilan RI.

Sementara itu, MenPAN RB menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kepemimpinan Kementerian Luar Negeri yang dapat menjadi contoh inspirasi bagi Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya.

Kementerian Luar Negeri telah menunjukkan komitmen dan integritas yang kuat dalam manajemen pemerintahan yang baik.

Sedianya komitmen pada tingkatan Pimpinan dapat ditindaklanjuti oleh segenap jajaran di bawahnya demi mensukseskan visi misi Kementerian yang dapat berkontribusi terhadap pencapaian visi misi Pemerintah RI.

MenPAN RB mengharapkan Kementerian Luar Negeri sebagai representasi pemerintah Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia dapat memperkuat eksistensi Indonesia di tengah pergaulan internasional, meningkatkan kualitas diplomasi, serta komitmen kerjasama yang menambah nilai manfaat bagi kesejahteraan bangsa.

Sebagai leading sector, Kementerian Luar Negeri harus meningkatkan kualitas SDM aparatur Kementerian Luar Negeri yang akan menampilkan wajah sosok dengan integritas yang kuat dengan membangun bangsa yang disegani.

Selain penandatanganan PK dalam kesempatan ini juga terdapat paparan dari Asisten Deputi (Asdep) Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KemenPAN RB, Asdep KemenPAN RB menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri harus memperkuat tindak lanjut atau implementasi dari Perjanjian Kinerja yang telah ditandatangani.

K/L harus menyelaraskan kinerja organisasi dan kinerja individu, dengan mengkaitkan Rencana Strategis dan perencanaan anggaran pada RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga).

Fokus tidak lagi bertumpu pada pertanggungjawaban keuangan semata tetapi berfokus pada pertanggungjawaban kinerja.

Manajemen kinerja yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik, salah satunya dengan penerapan sistem aplikasi yang berfungsi sebagai alat monitor dan evaluasi perkembangan pencapaian terhadap Perjanjian Kinerja dan penilaian terhadap manajemen kinerja pada setiap triwulannya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal menghimbau agar Eselon I, Eselon II dan Kepala Perwakilan RI dapat menindaklanjuti

Perjanjian Kinerja dengan rencana aksi yang konkrit, melakukan pengawalan dalam pencapaiannya, serta bahu membahu untuk memenuhi kinerja yang ditargetkan sehingga upaya diplomasi betul-betul dapat dirasakan oleh rakyat.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz